ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI ANALISIS REAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DITINJAU DARI RANAH KOGNITIF

Dewi Novitasari, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman  konsep berdasarkan taksonomi BLOOM dalam memecahkan permasalahan materi Analisis Real ditinjau dari Ranah Kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif.Subyek penelitian yang diteliti adalah mahasiswa semester 6 Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kemampuan kognitif yang tinggi dapat memenuhi semua kriteria tahapan pemecahan masalah dan memenuhi semua indikator pemahaman konsep berdasarkan Taksonomi BLOOM. Mahasiswa dengan kemampuan kognitif sedang hanya memenuhi beberapa kriteria tahapan pemecahan masalah yang meliputi pemahaman permasalahan, merencanakan penyelesaian permasalahan dan menyelesaikan proses pemecahan masalah serta memenuhi beberapa kriteria indikator pemahaman konsep yaitu pemahaman, penerapan dan analisis. Mahasiswa dengan kemampuan kognitif rendah hanya memenuhi beberapa tahapan yaitu memahami permasalahan serta memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep yaitu pengetahuan dan pemahaman.

 

Kata-kata kunci:Pemahaman Konsep, Taksonomi BLOOM, Analisis Real, Kemampuan Kognitif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup kemampuan yang mengharapkan siswa mahasiswa pada program sarjana dan mahasiswa yang akan melanjutkan studi teori-teori dasar dan pembuktian menyebabkan mahasiswa senantiasa. Journal of Meidives, 2(2), 235–244.

Andhani, R. A. (2016). Representasi Eksternal Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 179–186. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6615

Ardiani, N. F. W. dkk. (2013). Pembelajaran Tematik Dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom Nur Fajriana Wahyu Ardiani, Nanda Adi Guna, Reni Novitasari, dan Ridwan Prihantono. Satya Widya, 29(2), 93–107.

Arnawa, I. M. (2007). Mengembangkan Kualitas Pemahaman dalam Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS.pdf (p. 68).

Dewanti, N. A., Sujatmiko, P., & Pramesti, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Faktorisasi Suku Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Faktor Intelektual Siswa Pada Kelas Viii B Smp N 8 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Phenomenon : Universitas Islam Wali Songo Semarang, 8(1), 26–35.

Fauzi, A. dk. (2019). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( Rme ) Berbasis Soal Open – Ended Untuk Meningkatkan Komunikasi. 9(1), 87–98.

Fitri, E., & Sari, P. (2017). P Engaruh K Emampuan P Emahaman K Onsep M Atematika. 25–34.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Fuadiah, S. M. P. N. F. (2019). Pemahaman Konsep Mahasiswa Tentang Ring PAda Mata Kuliah Struktur Aljabar 2 Ditinjau Dari Pemikiran Kreatif Pada Siswa Kelompok Atas. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 74–83.

Gunawan, Imam & Palupi, A. . (2017). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen. E-Journal Unipma, 7(1), 98–117.

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. 7(1), 123–136.

Juhanda, I. A. (2014). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronik ( Bse ) Biologi SMA. 501, 61–66.

Karim, A., Nurrahmah, A., Studi, P., Matematika, P., Indraprasta, U., Jakarta, P., & Karim, A. (2018). MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. Jurnal Analisa, 4(1), 24–32.

Lusiana, R., Krisdiana, I., & Aisyah, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Kemampuan Kognitif. JEMS(Jurnal Edukasi MAtematika Dan Sains), 6(2), 60–69. https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5354

Lusiyana, D. (2018). ( Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Phenomenon : Universitas Islam Wali Songo Semarang, 8(1), 1–12.

Muchtar. (2014). Penerapan model pembelajaran modification- action , process , object , schema ( m-apos ) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Netriwati. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index

Nurul Vidayanti, Titik Sugiarti, D. K. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran Nurul Vidayanti 1 ,Titik Sugiarti 2 , Dian Kurniati 3. Jurnal Phenomenon : Universitas Islam Wali Songo Semarang, 8(1), 137–144.

Prastiyo, P. H. (2018). Analisis Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Pada Kelas X Di Sma Pgri 5 Sidoarjo. STKIP PGRI Sidoarjo, 5(1).

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. JPPM : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 10(2), 40–49.

Santia, I. (2015). Representasi Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 365–381. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.505

Tulungagung, I., Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisis Pemahaman Integral Taktentu Berdasarkan Teori Apos ( Action , Process , Object , Scheme ) Pada Mahasiswa Tadris Matematika ( TMT ). Cendekia, 14(1), 124–136.

Uliyandari, M. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri Kota Bengkulu Untuk Mata Pelajaran Kimia (Descriptive Research). Unversitas Bengkulu.

Wafa, U. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smpit nur hikmah. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.