ANALISIS KESALAHAN SISWA SMADALAM MENJAWAB SOAL DIMENSI TIGA BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Farouq Maulana, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak:Pemahaman konsep penting untuk ditanamkan kepada siswa SMA. Berdasarkan teori perkembangan kognitif menurut Jean Piaget, siswa seharusnya sudah masuk ke tahap operasional formal, yang mana siswa mampu berpikir secara abstrak. Penelitian ini ditujukan untuk menjabarkan kesalahan-kesalahan siswa SMA kelas XII dalam mengerjakan soal dimensi tiga berdasarkan teori Newman. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes dan dianalisa menggunakan teknik analisis kualitatif model alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan tes berdasarkan teori Newman antara lain terdapat miskonsepsi siswa dalam membaca masalalah (reading), siswa melakukan kesalahan saat memahami inti masalah (comprehension), dan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal menggunakan rumus dan langkah-langkah yang tepat (process skill).

Kata-kata kunci:Analisis Kesalahan, Dimensi Tiga, Teori Newman


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Clements, D. H., Sarama, J., Spitler, M. E., Lange, A. A., & Wolfe, C. B. (2011). Mathematics learned by young children in an intervention based on learning trajectories: A large-scale cluster randomized trial. Journal for Research in Mathematics Education, 42(2), 127–166.

Fuadiah, S. M. P. N. F. (2019). Jurnal Silogisme. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 74–83.

Imelda, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2016). Profil Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat. Seminar Matematika Dan Pembelajarannya, January 2017, 1–13.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’S Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(April), 37–51. http://digilib.unimed.ac.id/1368/2/Full Text.pdf

Mahmudah, W. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.

Murtiningrum, T., Ashadi, A., & Mulyani, S. (2013). Pembelajaran Kimia Dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning Dan Komik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(03), 288–301.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Novita, R., Prahmana, rully charitas indra, Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18.

Nurfalah, I. A., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMK dalan Menyelesaikan Soal pada Materi Fungsi. 5(1), 31–43.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using Newman procedure. Journal of International Cooperation …, 9(1), 111–122.

Purbasari, R. julia, Kahfi, M. S., & Yunus, M. (2013). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1–11. http://lib.unnes.ac.id/3749/

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Malang. 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2, 1–10.

Rindyana, B. suci bintari, & Chandra, T. D. C. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. MATHEdunesa, 2(1).

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 79–89.

Sugiarto, S. (2015). Abstrak Sigit Sugiarto, Kadir, La Arapu. 3(2).

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Versi Humanoira, 2(4), 297. https://doi.org/10.36722/sh.v2i4.177


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.