PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SD DI ACEH BARAT

Cut Eva Nasryah, Arief Aulia Rahman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa di Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah quasi experimental dan populasinya adalah siswa kelas V SD di Aceh Barat. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: adanya pengaruh pendekatan Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V Sekolah Dasar di Aceh Barat. Terbukti kelas V SD Negeri Peureumee sebagai kelas eksperimen dengan jumlah responden sebanyak 35 siswa memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah 71,69 dan rata-rata Motivasi belajar siswa 76,60. Sedangkan, kelas V SD Negeri Peunaga Cut Ujong sebagai kelas kontrol dengan jumlah responden sebanyak 34 siswa memiliki rata-rata kemampuan pemecahan masalah 61,26 dan rata-rata motivasi belajar 66,74. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar antara siswa yang diberikan pendekatan Etnomatematika lebih baik dari siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. kemudian Hasil analisis harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root x memiliki signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 Artinya, harga F semuanya signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa, ”Ada pengaruh Pendekatan Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar”. Selanjutnya uji koefisien determinan menunjukkan Etnomatematika mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa masing-masing 17,7% dan 47,4% sisanya atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Motivasi, Etnomatematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Destrianti, S. (2019). Etnomatematika dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 116-132.

Finariyati, F., Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).

Fitroh, W., & Hikmawati, N. (2015). Identifikasi Pembelajaran Matematika Dalam Tradisi Melemang di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS) (pp. 333-344).

Hartoyo, A. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Dayak Perbatasan Indonesia-Malaysia Kabupaten Sanggau Kalbar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 14-23.

Maemali, P., Prayitno, A., & Widayanti, F. D. (2020). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM), 1(1), 48-58.

Maulida, S. H. (2019, November). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 3, pp. 561-569).

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2019). Efektifitas Pendekatan Realistic Approach Dalam Meningkatkan Emotional Quotient (Eq) Siswa. Visipena Journal, 10(2), 229-238.

Nursyahida, S. (2013). Hukum Waris Adat Baduy: Mengungkap Kearifan Lokal Budaya dan Matematika (Sebuah Kajian Ethnomathematics) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1).

Rahman, A. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Rosa, M., & Orey, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática: Perspectivas Socioculturales de la Educación Matemática, 4(2), 32-54.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41-54.

Sirate, S. F. S. (2011). Studi Kualitatif tentang aktivitas etnomatematika dalam kehidupan masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(2), 123-136.

Widiarti, Y., Anggreni, D., & Sari, S. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Alat Musik Tradisional Bengkulu Sebagai Media dan Alat Peraga Dalam Penyampaian Konsep Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 177-184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.