ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV

Vilzha Syafina, Heni Pujiastuti

Abstract


Abstrak:Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengungkapkan kemampuan komunikasi matematis iswa dalam menyelesaikan soal dengan materi SPLDV. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas 8 yang terdiri dari 21 siswa. Jumlah subjek pada penelitian ini terdiri dari empat siswa yang di kategorikan ke dalam empat tingkatan berdasarkan pembagian tingkat kemampuan komunikasi siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi matematis mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal matematika dengan materi SPLDV dapat disimpulkan sebagai berikut : subjek berkemampuan sangat tinggi mencapai empat indikator komunikasi matematis, subjek berkemampuan tinggi mencapai tiga indikator komunikasi matematis, subjek berkemampuan mencapai dua indikator komunikasi matematis, dan subjek berkemampuan sangat rendah sama sekali tidak mencapai indikator komunikasi matematis. Dan presentase rerata kemampuan komunikasi siswa pada materi SPLDV yaitu 45%.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Matematis, Materi SPLDV.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achir, Y. S., Usodo, B., dan Retiawan, R. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif”. Paedagogia, Vol. 20 (1), pp: 78-87.

Ahmad, T. S. R. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Bone. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Alt, Mary., Genesisi D., Arizmendi., Carole R. Beal. 2014. “The Relation between Mathematics Languange: “Academic Implications Children with Specific Languange Impairment and English Languane Learners.” Languange, Speech, And Hearing Service in School”. Vol. 45 pp: 220-233.

Baroody, Arthur. J., dan Coslick, Ronal. T. 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publishing

Bernard, M. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash cs 4.0”. Infinity Journal. Vol: 4 (2), pp: 197-222.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, I. 2014. “Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Perbedaan Jender”. Jurnal Didaktik Matematika. Vol: 01 (02), pp: 01–12.

Fadillah, A. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Vol: 1 (2), pp: 1–12.

Fauzan, M. R., Beddu, U. H., Sukayasa. 2016. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 4 Palu Dalam Memahami Konsep Pecahan Berdasarkan Gender Yang Berkemampuan Tinggi”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol: 6 (1), pp: 88–98.

Hendriana, H., Rohaeti, E,E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Khoiriyah, N., Sujadi, I., dan Subanti, S. 2016. “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2014/2015”. Journal of Mathematics and Mathematics Education. Vol: 6 (1), pp: 34–46.

Lamonta, P. A., Tandiayuk, M. B., dan Puluhulawa, I. 2016. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu dalam Memahami Volume Balok”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol: 03 (04), pp: 464–477.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

National Council of Teacher Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston Virginia: NCTM.

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. 2019. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender Analysis Of Students Mathematical Communication Skills Based On Gender Differences”. Edumatica. Vol: 09 (01), pp: 1–7.

Nurhayati, N. 2017. “Pengembangan Perangkat Bahan Ajar pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika. Vol: 3 (2), pp: 80–94.

Olteanu, C., dan Olteanu, L. 2013. “Enhancing Mathematics Communication Using Critical Aspects and Dimensions of Variation”. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. Vol: 44 (4). pp: 513–522.

Pratiwi, D. D. 2015. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender”. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol: 6 (2), pp: 131–141.

Purwandari, A. S., Astuti, M. D., dan Yuliani, A. 2018. Evaluasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. Vol: 1 (1), pp: 55–62.

Santos, L., dan Semana, S. 2015. “Developing mathematics written communication through expository writing supported by assessment strategies. Educational Studies in Mathematics”. Vol: 88 (1), pp: 65–87.

Syarifah, L. L. 2017. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Integral”. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1 (1), pp: 49-54.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Wardhana, I. R., dan Lutfianto, M. 2018. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa”. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol: 6 (2), pp: 173–184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.