PENGEMBANGAN MATERI ALJABAR LINIER DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Christa Voni Roulina Sinaga, Apriani Sijabat

Abstract


Abstrak: Berbagai sumber informasi seperti media massa seringkali menyajikan informasi dalam bentuk angka, tabel, atau diagram yang harus dimaknai dengan menerapkan ilmu matematika. untuk dapat memperoleh informasi yang benar dari apa yang dibacanya itu, dibutuhkan pengetahuan tentang literasi tentang angka, cara membaca tabel, dan juga diagram. Oleh karena itu, pembelajaran matematika dapat ditujukan untuk mengetahui apakah materi aljabar linier yang dikembangkan dengan model PBL memenuhi kriteria validasi, kepraktisan dan efektivitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D. Sampel dalam penelitian diambil berdasarkan purposive sampling yaitu satu kelas siswa SMP Negeri 1 Gunung Malela yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi aljabar yang dikembangkan telah memenuhi syarat: validasi dengan rata-rata nilai 3,18; kepraktisan dengan persentase 80%; dan efektivitas karena 75% siswa mendapat nilai lebih dari 75.

Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematis, pengembangan materi ajar, problem based learning.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, Y. (2018). Analisis Kesalahan Konsep Logika Pada Buku Ajar. Maju, 5 (2), 88-97.

Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8. Helping Children Think Mathematically. New York: Merril, an inprint of Macmillan Publishing, Company.

Ekawati, E. (2011). Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. Diakses [5 oktober 2011]. pada https://p4tkmatematika.org/2011/10/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I.

NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM, Inc.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Press.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

Syahlan. (2016). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 7 Medan. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2 (1).

Tanjung, H.S. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah, MAJU, 4 (2), 42-54.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourse Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika: Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta: Leuser Cipta Pustaka.

Van de Walle, J.A. (2008). Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Zikri. (2016). Wooden House Sebagai Media Pembelajaran Introduksi Bangun Ruang dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII-I SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1), 68-79


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.