PENERAPAN EXPERT RIVIEW SEBAGAI STRATEGI FORMATIVE EVALUATION DALAM MENGEMBANGKAN LKS MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM POSING

Nopia Fika, Hartatiana Hartatiana, Arvin Efriani

Abstract


Abstrak: Pengembangan LKS yang menggunakan pendekatan merumuskan masalah merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menggunakan penalarannya pada materi geometri salah satunya adalah volume bangun ruag sisi datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan alur formative evaluation yang di tinjau dari tahap expert riview. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan problem posing pada materi volume bangun ruang sisi datar yang valid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 22 Palembang yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini menghasilkan LKS berbasis problem posing pada materi volume bangun ruang sisi datar. Berdasarkan tinjauan pada tahap expert riview maka dapat disimpulkan LKS yang dihasilkan valid secara kualitas oleh validator, baik dari konten, teknisi dan desain. Valid dari segi konten meliputi materi yang sesuai dengan kehidupan nyata, kedalaman, keakuratan dan materi terbaru. Valid dari segi teknisi meliputi tampilan dan warna yang tidak berlebihan, ukuran tulisan yang sesuai dan gambar yang di tampilkan jelas. Valid dari segi desain meliputi langkah-langkah dan strategi yang sesuai dengan problem posing.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, LKS Matematika, Problem Posing, Expert Riview.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akker, J.V.D. (2006). An Introduction to Education Design Research. The Netherlands: Netzodruk.

Cahyo, S.D. (2014). Pengembangan Lks Berbasis Problem Posing Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7), 97-107.

Darhim, P.S., & Susilo, B.E. (2020). The Effect Of Problem-based Learning and Mathematical Problem Posing Ability. International Juornal of Instruction, 13(4).

Fadlia, A. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Menyunting Karangan Narasi dengan Pemdekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang)

Farman, F. (2020). Development of Mathematics Leaning Design Through Problem Posing Approach for Developing Mathemetical Reasoning Ability. In Proceding of USN Kolaka-ADRI International Conference on Sustainable Coastal-Community Development.

Fiqri, C. I. A., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2016). Studi Kasus Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar di SMP. In Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Khirunnisa, S., Sulhan, S., Kalsum, U., Timbu, D.L., Ngongo, O.B., & Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(2), 21-32.

Ngaeni, E.N., & Saefudin, A.Z. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing. Jurnal Aksioma, 6(2), 264-274.

Nugraha, T.S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Logis dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107-120.

Prasetyowati, D. (2017). Development Of Mathematics Learning AIDS Using Problem Posing Model Based Character Education With CD-Assisted Learning From the Perspective Critical Thinking Skill Of SMP Students. In International Education Conference: Enhancing Education Quality In Dacing Asian Community.

Putra, H.D., Herman, T., & Sumarmo, U. (2020). The Impact of Scientific Approuch and What-If-Not Strategy Utilization towards Student’s Mathematical Problem Posing Ability. International Journal of Instruction. 13(4). 669-684.

Putra, S.R. (2013). Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kerja. Yogyakarta: DIVA Pers.

Silver. E. A., & Cai, J. (1996). An Analysis of Arithmetic Problem Posing By Middle School Students. Journal for Reasearch In Mathematics Education, 27(5), 521-539.

Siswono, T.Y.E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Surabaya: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tesmmer, M. (1993). Planning and Education Formative Evaluation. Kogan Page: London.

Wahyuni, S. (2016). Pembelajaran Sepanjang Hayat dan Pembelajaran dengan Pendekatan Konstruktivisme (studi kasus pembelajaran matematika). In Prosiding SENDIKA Purworejo, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Waluyo, E. B. (2013). Penerapan Pendekatan Problem Posing (Pengajuan Masalah) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-10.

Yazid, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif dengan Strategi TTW (Think-Talk-Write) pada Materi Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Journal of Primary Education, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.