PENGEMBANGAN ALPER ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA

Authors

  • Aulia Dewi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Universitas Kristen Satya Wacana Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

pengembangan ALPER aljabar, ADDIE

Abstract

:Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga untuk siswa kelas VII SMP khususnya pada
materi pengenalan bentuk aljabar serta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Jenis penelitian ini
adalah R & D (Research and Development). Model pengembangan pada penelitian ini adalah ADDIE (Analyyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII G SMP Negeri
3 Salatiga. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan posttest, lembar pendapat siswa.
Analisis data meliputi analisis hasil observasi, analisis validasi dan kepraktisan, analisis keefektifan yang dilihat
dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ALPER aljabar matematika Valid karena
ALPER aljabar matematika telah melalui tahap validasi dari 3 validator dan telah melalui revisi berdasarkan kritik
dan saran validator yang meliputi aspek ALPER, tampilan, dan materi. Berdasarkan hasil validasi dari keseluruhan
aspek diperoleh 80,73% yang termasuk dalam kategori baik. Efektif, dilihat berdasarkan pretest dan posttest yang
dianalisis dan dihitung peningkatannya menggunakan N-Gain, hasilnya terdapat peningkatan sebesar 0,47 yang
termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Praktis, berdasarkan hasil angket kepraktisan ALPER aljabar
matematika yang diperoleh dari 28 orang siswa pengguna ALPER diperoleh presentasi 81,6% dan termasuk dalam
kategori tinggi.

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles