PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA PADA MATAKULIAH KALKULUS DIFERENSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Theresia Siahaan, Herna Febrianty Sianipar

Abstract


Abstrak: Pembelajaran matematika hendaknya tidak cukup hanya mencakup pada penguasaan konsep matematika, tetapi juga penguasaan dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan nyata dan dunia kerja. Kemampuan matematika aplikatif, seperti kemampuan menyajikan data, menganalisis, menginterpretasikan data, serta mengkomunikasikan ide sangat perlu dikuasai oleh mahasiswa terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest dengan sampel adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nomensen-Pematangsiantar yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah empat butir soal untuk masing-masing test (pretest maupun posttest). Besarnya peningkatan yang terjadi dihitung dengan rumus gain ternormalisasi yang hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada matakuliah Kalkulus Diferensial sebesar 0,4493 yang termasuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci: kemampuan matematika, kemampuan pemecahan masalah, problem based learning.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hikmah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika, Media Jaring-jaring Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4 (1), 61-66.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R.I. (2006). Peraturan Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, R.I.

Kusmanto, H., & Marliyana, I. (2014). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Eduma, 3 (2).

Mulyono, B. & Hapizah. (2018). Pemahaman Kosep dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122.

Nisak, K dan Istiana, A. (2017). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3 (1), p. 92 -98.

Puspitasari, N., & Hardjono, N. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas 4 Melalui Model Problem Based Learning, Maju, 6 (1), 32-46.

Rifa’i, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S.D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5 (1): 109-116.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA: Perkembangan Kompetensi Guru. Bandung: Penerbit Tarsito.

Syafri, F.S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3 (1).

Syahlan. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Otentik Berbasis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA/MA. Tesis (tidak diterbitkan). Medan: Universitas Negeri Medan.

Wear, A.S., & Indrawati, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri dan Diskusi Pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2 (2), 159-172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.