DESKRIPSI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Nur Hanifah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Sutriyono Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

representasi matematis, bangun datar, gender.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi geometri ditinjau dari perbedaan gender. Subjek
dalam penelitian ini adalah 6 siswa SMP Negeri 3 Salatiga yang terdiri dari tiga siswa laki-laki dan tiga siswa
perempuan. Pemilihan subjek berdasarkan rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika. Keenam siswa
tersebut memiliki kemampuan matematika yang sama dan telah memenuhi kecukupan pengetahuan dan
ketrampilan matematika pada materi bangun datar. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan
dilanjutkan dengan wawancara secara individual untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa perempuan lebih unggul dari siswa laki-laki dalam representasi berupa pernyataan
matematika atau notasi matematika, siswa perempuan lebih unggul daripada siswa laki-laki dalam representasi
visual yang berupa gambar, siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan dalam reprsentasi berupa
teks tertulis/kata-kata.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles