ANALISIS PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DAN TANGGUNGJAWAB DALAM PEMEBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VIII

Athoillah Athoillah, Erni Puji Astuti, Puji Nugraheni

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendisripsikan penanaman nilai demokrasi dan tanggungjawab dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang guru matematika SMP kelas VIII. Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.  Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara tidak terstruktur. Tahapan dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai demokrasi dalam pembelajaran matematika kelas VIII dilakukan dengan memberikan hak siswa berupa kebebasan dalam mengembangkan penyusunan algoritma penyelesaian masalah yang diberikan. Penanaman nilai tanggungjawab ditanamkan dengan menanyakan argumen siswa terkait penyususnan algoritma penyelesaian masalah yang digunakan.

Kata-kata kunci: Nilai Demokrasi, Nilai Tanggungjawab, Penanaman.

 


References


DAFTAR PUSTAKA

Helmawati. 2017. Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta

Koesoemo, Doni A. 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Menumbuhkan Karakter dalam Pembelajaran. Yogyakrta: Kanisius.

Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustari, Mohamad. 2019. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Ningrum, Diah. 2015. Kemerosotan Moral di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Style dan Pengajaran Adab. Unisia, 37(82), 18-30.

Pawitasari, E., Mujahidin, E., & Fattah, N. 2015. Pendidikan Karakter Bangsa dalam Perspektif Islam (Studi Kritis Terhadap Konsep Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan & Kebudayaan). Ta’dibuna, 4, 1-21.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 yang Mengatur Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No.78. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rochmah, Elfi Yuliani. 2016. Mengembangkan Karakter Tanggungjawab pada Pembelajaran. Al Murobi, 03 (1), 36-54.

Salim, Moh Haitami dan Mahrus, Erwin. 2012. Studi IlmuPendidikan Islam. Yogyakarta: Arruzz Media.

Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyahmo. 2012. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia. Semarang: Unnes Press.

Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.