ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR YANG DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Authors

  • Fira Novianti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Nova Hasti Yunianta Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif, gender, aljabar

Abstract

Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk
aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C diantaranya satu
siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir tinggi (SLT), satu siswa perempuan yang berkemampuan berpikir
tinggi (SPT), satu siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir sedang (SLS), satu siswa perempuan yang
berkemampuan berpikir sedang (SPS), satu siswa laki-laki yang berkemampuan berpikir rendah (SLR), satu siswa
perempuan yang berkemampuan berpikir rendah (SPR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang
berkemampuan tinggi yaitu SLT dan SPT memenuhi aspek kefasihan dan fleksibilitas sehingga tingkat kreativitas
menunjuk pada tingkat ke-3 (kreatif). Siswa yang berkemampuan sedang yaitu SLS dan SPS hanya memenuhi aspek
kefasihan sehingga tingkat kreativitas menunjuk pada tingkat ke-1 (kurang kreatif). Siswa yang berkemampuan
rendah tidak dapat memenuhi semua aspek berpikir kreatif sehingga tingkat kreativitas menunjuk pada tingkat ke-0
(tidak kreatif).

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles