KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT

Authors

  • Fakhrul Jamal STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Kompetensi guru, sertifikasi, kompetensi guru SMP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru matematika di
Sekolah Menegah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahalwan Kabupaten Aceh Barat. Data
dikumpulkan melalui Observasi dan tes, Observasi dilakukan untuk pengamatan dokumen perangkat
pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, Tes untuk melihat kompetensi pedagogik. Hasil penelitian
diketahui bahwa kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, hal ini terlihat dari
banyaknya guru yang sudah mampu menyusun rencana pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru
dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, namun belum sesuai dengan kegiatan yang termuat di RPP
dan masih ada guru yang tidak mengunakan media pembelajaran dan tidak mengilustrasikan konsep
pembelajaran dalam kehidupan nyata. Kemudian langkah-langkah yang tercantum di RPP tidak semua
terlaksana dalam pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dalam menjawab soal yang berkaitan
dengan kompetensi pedagogik belum baik, hal ini terlihat masih banyak guru yang belum menjawab
dengan benar soal tentang karya ilimiah, asesmen lapangan, penilaian sikap siswa dan portofolio.
Disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru belum sangat baik.

Author Biography

Fakhrul Jamal, STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 guru matematika di
Sekolah Menegah Pertama Negeri Kecamatan Johan Pahalwan Kabupaten Aceh Barat. Data
dikumpulkan melalui Observasi dan tes, Observasi dilakukan untuk pengamatan dokumen perangkat
pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran, Tes untuk melihat kompetensi pedagogik. Hasil penelitian
diketahui bahwa kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran sudah baik, hal ini terlihat dari
banyaknya guru yang sudah mampu menyusun rencana pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru
dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, namun belum sesuai dengan kegiatan yang termuat di RPP
dan masih ada guru yang tidak mengunakan media pembelajaran dan tidak mengilustrasikan konsep
pembelajaran dalam kehidupan nyata. Kemudian langkah-langkah yang tercantum di RPP tidak semua
terlaksana dalam pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dalam menjawab soal yang berkaitan
dengan kompetensi pedagogik belum baik, hal ini terlihat masih banyak guru yang belum menjawab
dengan benar soal tentang karya ilimiah, asesmen lapangan, penilaian sikap siswa dan portofolio.
Disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru belum sangat baik.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles