ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS PADA SISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL-KINESTETIK

Lisa Faradila, Teguh Wibowo, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir reflektif matematis yang dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar kombinasi, yaitu visual-kinestetik dalam memecahkan masalah matematika mengenai bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII tahun pelajaran 2019/2020 yang pada akhirnya hanya diambil dua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis (KBRM), hasil wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes KBRM. Teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual-kinestetik mampu melakukan proses berpikir reflektif matematis diantaranya: a) menganalogi dan mengidentifikasi suatu rencana penyelesaian permasalahan dengan melibatkan pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, b) menginterpretasikan apa yang ada pada soal sesuai dengan rencana awalnya dengan sedikit modifikasi. Selain itu, dalam penelitian ini juga memunculkan adanya berpikir kritis siswa yaitu  ketika siswa melakukan interpretasi masalah, mengevaluasi, dan menganalogikan kesimpulan akhir dari berbagai jawaban yang telah ditemukan.

 

 

Kata-kata kunci: KBRM, Pemecahan Masalah, Gaya Belajar Visual-Kinestetik.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

---------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Offline]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/entri/…..

Bire, A.L., Garadus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.

Deporter, B. & Hernacki, M. (2011). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Fridanianti A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP N 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(1), 11-20.

Fuady, A. (2017). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 104-112.

Jaenudin, Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69-82.

Kartono, Arumsasi, P. D., & Mariani, S. (2019). Analysis of Student’s Mathematical Reflective Thinking on Problem based Learning (PBL) Based from Learning Styles. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(2), 34-41.

King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2012). High Order Thingking Skill: Definition, Teaching Srategies, Assessment. Publication of The Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment.

Leung. D. Y., & Kember, D. (2008). The Relationship Between Approaches to Learning and Reflection Upon Practice. Educational Psychology, 23(1), 61-71.

Mentari, A. S., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 31-42.

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Metakognitif. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nindiasari, H., Novaliyosi, & Subhan, A. (2016). Desain Didaktis Tahapan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Reflektif Matematis Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Kependidikan, 46(2), 219-232.

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarata: PT. Elex Media Komputindo.

Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 84-93.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2).

Zehavi, N., & Mann, G. (2005). Instrumented Techniques and Reflective Thinking in Analytic Geometry. The Montana Mathematics Enthusiast. Volume 2 (2), 83-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.