ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI TIGA ASPEK

Authors

  • Dela Ruswati IKIP Siliwangi Bandung,
  • Widia Tri Utami IKIP Siliwangi Bandung
  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi Bandung

Keywords:

Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah

Abstract

Matematika memiliki peranan penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu
kemampuan yang dapat meningkatkan ketercapaian tujuan dalam belajar matematika yakni
kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan
tingkat tinggi yang penting dimiliki oleh peserta didik. Indikator dalam kemampuan pemecahan
masalah adalah; (1) Mengidentifikasi data diketahui, data ditanyakan, dan kecukupan data untuk
pemecahan masalah; (2) Mengidentifikasi strategi yang dapat ditempuh; (3) Menyelesaikan model
matematika disertai alasan; dan (4)Memeriksa kebenaran solusi yang diperoleh. Penelitian ini
merupakan penelitian studi kasus dan bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam
menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tiga aspek kesalahan yaitu; (1)
Kesalahan Konseptual; (2) Kesalahan Prosedural; dan (3) Kesalahan Teknik. Subyek yang
digunakan adalah siswa kelas IX di SMP Negeri 47 Bandung. Bentuk pengambilan data yaitu
pemberian soal tes dengan indikator berbeda pada setiap butir soal dn wawancara pada subyek
yang terpilih. Dari rekapitulasi perhitungan yang telah dilakukan, didapat bahwa persentase
kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yakni kesalahan prosedural, dimana siswa masih
melakukan kesalahan pada langkah pengerjaan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan
masalah. Kesalahan ini disebabkan siswa tidak teliti dalam langkah pengerjaan dan menganggap
bahwa beberapa langkah tidak perlu dituliskan secara lengkap. Dari sampel yang diteliti,
kemampuan pemecahan masalah matematis masih harus ditingkatkan.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles