DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP EKSPONEN BERBASIS TEORI APOS PADA SISWA SMA THERESIANA SALATIGA
Keywords:
Pemahaman Konsep, Eksponen, APOSAbstract
Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan menangkap makna atau arti suatu
ide atau pengertian-pengertian pokok dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep eksponen berbasis teori APOS pada siswa SMA
Theresiana Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 3
siswa yang diambil dari siswa SMA Theresiana Salatiga dengan kategori berkemampuan tinggi,
sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinngi memiliki
pemahaman pada tahap aksi, proses, objek, dan skema. Subjek berkemampuan sedang memiliki
pemahaman pada tahap aksi, objek, dan skema. Dan subjek berkemampuan rendah memiliki
pemahaman pada tahap aksi. Ketiga subjek pada topik eksponen sama-sama memiliki pemahaman
pada tahap aksi.