PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVIS-METAKOGNITIF UNTUK MININGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POLEWALI

Nurhidayah Nurhidayah, Chuduriah Sahabuddin, Hardianto Hardianto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polewali. Kemampuan berpikir kritis matematika meliputi 6 indikator yaitu (1) menyebutkan pokok permasalahan, (2) menyebutkan fakta-fakta yang membatasi masalah, (3) menyebutkan pilihan cara dan jawaban yang masuk akal (4) menganalisis pilihan untuk memilih cara dan jawaban yang terbaik (5) menyebutkan alasan yang  tepat atas cara dan jawaban terbaik, (6) mengecek kembali secara menyeluruh proses jawaban. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polewali yang berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari : (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) lembar observasi aktivitas siswa dan (3) Tes kemampuan berpikir kritis matematika. Lembar Observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan tes kemampuan berpikir kritis dianalisis secara kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanan pembelaran model konstruktivis metakognitif siklus I diperoleh 77,77% pada siklus II mengallami peningkatan menjadi 93,05%. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi aktivitas siswa, diperoleh pada siklus I 87,71% dan pada siklus II di perleh 94,48. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan berpikir krtis diperoleh ketuntasan klasikal pada siklus I hanya 20,62%  meningkat menjadi 86,26% pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa penerapan model konstruktivis metakognitif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Polewali.

 

Kata kunci : Peningkatan, Konstruktivis,Metakognitif, Kemampuan, Berpikir Kritis.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Yunita Nur, Baskoro Adi Prayitno, and Joko Ariyanto.

"Penerapan Model Konstruktivis-Metakognitif pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016." Bio-Pedagogi 5.2 (2016): 48-55.

Fahradina, N., & Ansari, B. I. (2014). Peningkatan Kemampuan

Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Fauzi, K. M. A. (2011). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan

kemandirian belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran metakognitif di sekolah menengah pertama

.

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran

Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3).

Murni, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Representasi matematis

Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif dan Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skill. Jurnal Pendidikan, 4(2), 96-107

Nindiasari, H. (2013). Meningkatkan kemampuan dan disposisi berpikir

reflektif matematis serta kemandirian belajar siswa SMA melalui pembelajaran dengan pendekatan metakognitif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Prayitno, B. A. (2014, December). Potensi Sintaks Model Pembelajaran

Konstuktuvis-Metakognitif dalam Melatihkan Berpikir dan Kemandirian Belajar Siswa. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 1).

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan kemampuan penalaran

dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.