MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING

Authors

  • Rindiani Repo Sidi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tri Nova Hasti Yunianta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

strategi joyful learning, hasil belajar, aljabar.

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VII pada materi Aljabar dengan menggunakan Strategi Joyful Learning. Subjek
dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII B SMP Negeri 7 Salatiga. Teknik pengumpulan data pada
peneliltian ini meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penerapan strategi joyful learning dilakukan
dalam 1 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Hasil
penelitian pada pra siklus menunjukan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 26,41%, setelah diberikan
tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning mengalami peningkatan hasil belajar dengan
nilai rata-rata kelas sebesar 64,52% dengan siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa atau 77,41%. Hasil ini
menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi joyful learning, sehingga
dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learningdapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles