PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS REALISIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Istikomah Istikomah, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis realistik menggunakan software Kvisoft Flipbook Maker Pro yang berkualitas dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan soal tes. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dari segi kelayakan. Kelayakan modul, diantaranya valid, efektif, dan praktis. Berdasarkan segi validitas, skor rata-rata yang diberikan ahli media sebesar  dengan kriteria “valid” sedangkan ahli realistik memberikan skor rata-rata sebesar  dengan kriteria “valid”, dan ahli materi memberikan skor rata-rata untuk aspek pembelajaran sebesar 3,87 dengan kriteria “valid”. Berdasarkan segi kepraktisan, penilaian yang diberikan oleh siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar  dengan kriteria “sangat praktis”. Segi keefektifan dapat dilihat dari hasil  pre-test  dengan perolehan skor rata-rata dan hasil  post-test  dengan perolehan skor rata-rata  dengan peningkatan presentase ketuntasan  sebesar 65% sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif berdasarkan uji gain sebesar  dengan kriteria”sedang”.

 

Kata-kata kunci: Berpikir Kreatif , E-Modul, Realistic Mathematics Education.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, M. S. Y. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Rendang. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran.

Bunga, dkk (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah Vol I No. 1.

Cheung, R. H. P. 2016. The challenge of developing creativity in a Chinese context: the effectiveness of adapting Western creative pedagogy to inform creative practice. Pedagogy, Culture & Society, 24(1), 141–160. https://doi.org/10.1080/14681366.2015.1087419 .

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme dan Website Pada Materi Lingkaran dan Bola. Lemma, Vol II No. 1, Nov 2015.

Kusumaningtyas dan Suparman. (2019). Deskripsi Kebutuhan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Moma, L. (2016). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

untuk Siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal

Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 27–41. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/142

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Permatasari, A.E., dkk. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi untuk Kelas IX MIPA SMA. Saintifika, Vol. 19, No. 1, hal. 57-65.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Purwoko, R. Y., Yuzianah, D., & Miftakhudin. (2019). Integrasi Etnomatematika pada Pengembangan E -Modul dengan Pendekatan Saintifik untuk Menstimulasi Berpikir Logis Siswa SMP. 2, 510–515.

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. 9(1), 47–53.

Rosdiana, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal EduBio Tropika, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2015, hlm. 51-97.

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Umi, P.L., Ratu, I.I.P., & Hartono, Y. 2015. Penggunaan Set Model Dan Permainan Remi Bilbul Dalam Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Bulat Di Kelas IV SD, Jurnal Sekolah Dasar. 24(2):187-198.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. In Desimal: Jurnal Matematika (Vol. 1). https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Wicaksono, dkk. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok dan Kubus untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. ISSN: 2339-1685. Vol.2, No.5, hal 534-549, Juli 2014.

Widoyoko, S. E. P. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wijayanti, Septiana. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pulokulon. Magistra, No. 95 Th. XXVIII Maret.

Wulandari, S., Darma, Y., Susiaty, U. D., & Matematika, P. (2019). 3 1,2,3. 8, 143–152. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i1.1179

Yamasari, Yuni. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS, Surabaya 4 Agustus 2010 ISBN No. 979-545-0270-1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.