ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OPEN ENDED MATEMATIKA

Hananto Purbonugroho, Teguh Wibowo, Heru Kurniawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui level berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah open ended matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini 3 siswa kelas VIII yang telah dipilih secara purposive yaitu siswa dengan kemampuan matematika tinggi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berpikir kritis. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi bisa memenuhi semua indikator berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Arif, N., Hayudiyani, M., & Risnasari, M. 2017. Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di Smkn 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, Vol.4, No.1, p-ISSN 2407-4489.

Facione, P., A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fatahillah, A. Hobri. Purwati, R. 2006. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran model Creative Problem Solving. Kadikma, Vol. 7, No. 1, Hal. 84-93.

Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX-D SMP Negeri 17 Malang. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya, Universitas Muhammadiyah Surakarta: 12 Maret 2016, Hal. 580-590

Kurniasih, A. W. 2010. Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta: 27 November 2010, Hal. 485-493.

Masrukan, & Sulistani, E. Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika X, Universitas Negeri Semarang, Hal. 605-612.

Oktavianingtyas, E., Hobri & Rahmatillah, S. 2017. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesikan Soal Barisan Dan Deret Aritmatika Di Sman 5 Jember. Kadikma, Vol. 8, No. 2.

Paul, R. & Elder, L. 2010. Critical Thinking Development: A Stage Theory. The Foundation For Critical Thinking Website: www.criticalthinking.org/pages/critical-thinking-development-a-stage-theory/483.

Rosnawati, R. 2012. Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Sanata Dharma, Hal. 1-9.

Ruslan, A. S., & Santoso, B. 2013. Pengaruh Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Kreano. Vol. 4, No. 2

Santi, N., Soendjoto, M. A., & Winarti, A. 2018. Critical Thinking Ability of Biology Education Students through Solving Environmental Problems. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 11, No. 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwoto, Y. R. E. 2015.Keefektifan Pendekatan Open Ended dan CTL Ditinjau Dari Prestasi Dan Sikap Belajar Matematika. Jurnal Derivat, Vol. 2, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.