LEVEL BERPIKIR KREATIF SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Eko Syaiful Anwar, Teguh Wibowo, Isnaeni Maryam

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana level berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika dengan pendekatan RME. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan subjek dengan teknik purposive. Subjek penelitian adalah 2 siswa kelas VIII SMP tahun pelajaran 2019/2020 yang memiliki kemampuan tinggi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan catatan lapangan. Instrumen penelitian berupa tes berpikir kreatif siswa pada materi geometri dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan tiga langkah yaitu (1). reduksi data, (2). penyajian data, dan (3). menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi memiliki level berpikir kreatif level 3 (kreatif). Siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dapat memenuhi dua indikator dari tiga indikator yang peneliti gunakan. Indikator tersebut adalah indikator kefasihan dan fleksibilitas. Indikator kefasihan ditunjukkan dengan siswa mampu memberikan jawaban yang beragam. Indikator fleksibilitas ditunjukkan dengan siswa mampu memberikan banyak cara atau pendekatan dalam menyelesaikan masalah matematika.

 

Kata-kata kunci: berpikir kreatif, penyelesaian masalah, RME

 

 


Full Text:

PDF

References


Adams, D. & Hamm, M. 2010. Demistify Math, Science, and Technology: Creativity, innovation, and Problem Solving. Rowman & Littlefield Education, Plymouth

Agustyaningrum, Nina. 2014. Berpikir Kritis dan Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Contextual Teaching And Learning Bebasis Open–Ended Problem. Jurnal Phytagoras, Vol 3(2): 53-65

Ardiansyah, A. S., Junaedi, I., & Asikin, M. (2016). Ekplorasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran Matematika Setting Problem Based Learning. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 478-489. Retired from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21677

Arsaythamby, V. & Zubainur, C. M. 2014. How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students’ Activities In Primary Schools? Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol.159: 309—313.

BSNP. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Fajriah, N. & Asiskawati, E. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 3 No. 2; 157-165

Hariyani, I. T. 2012. Hubungan Keaktifan Bertanya Dengan Berpikir Kreatif Pada Siswa SMPN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Herdani, P. D. & Ratu, N. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open-Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, Volume 2. No. 1, April 2018.

Maxwell, J. C. 2004. Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam: Karisma Press.

Novianti, F. & Yunianta, T. N. H. 2018. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bentuk aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Maju, Volume 5 No. 1, Maret 2018; 120-132.

Prianto, A., Subanji & Sulandra, I. M. 2016. Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran RME. Jurnal Pendidikan, Malang, Vol 1 No.7; 1442-1448

Rahmatina, S., Sumarmo, U. & Johar, R. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, Vol 1 No. 1, April 2014.

Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic (PMRI). Al-Bidayah, Vol 4 No. 1, hal 37-48.

Satori, D. & Komariah, A. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Siswono, T. Y. E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press, Surabaya.

Siswono, T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sitorus, J. & Masrayati. 2016. Student’s Creative Thinking Process Stages: Implementation Of Realistic Mathematics Education. Thinking skill and Creativity, Vol 22, Desember 2016; 111-120

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.