ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGONSTRUKSI MODEL MATEMATIKA PADA SOAL CERITA

Agus Muntaha, Teguh Wibowo, Nila Kurniasih

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kesulitan siswa dalam membuat atau mengonstruksi model matematika pada soal cerita. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah  siswa berkemampuan sedang. Dalam arti lain adalah siswa yang berada pada nilai rerata kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini bahwa Siswa berkemampuan sedang mengalami kesulitan dalam pembuatan model matematika pada soal cerita. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa tersebut tidak memahami langkah-langkah pemodelan matematika, belum mampu dalam mengasumsikan kalimat verbal khususnya dalam mengasumsikan  dua variabel yang sama, siswa belum mampu menjelaskan kembali kenapa memilih simbol yang tertuang dalam persamaan matematika atau model matematika.

 

Kata-kata kunci: kesulitan, model matematika, kualitatif.


Full Text:

PDF

References


Aminah. 2018. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2).

Arika., Didik., & Pramita, W. 2014. Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut Polya Materi Persegi dan Materi Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012. Jurnal Universitas Negeri Jember, 5(2).

Bahmael, F. 2011. Mathematical modelling in primary school, advantages and challenges. Journal of Mathematical Modelling and Aplication, 1(9).

Djamarah, S. B. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febrilia, B.R.A., Juliangkary, E., & Korida, B. D. 2019. Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Soal Cerita Statistika. AKSIOMA, 8(3).

Fitria, V. A. 2017. Model Matematika terhadap Penyebaran Penyakit Tuberkulosis di Rumah Sakit Paru Batu. Jurnal JITIKA, 5(2).

Ismail. 2016. Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal edukasi, 2(1).

Jessica, L., & Karen, B. 2016. GAIMME (Guidelines for Assessment & Instruction in Mathematical Modelling Education). United State of America: COMAP, Inc. & SIAM.

Manurung, M. M. H., Nurjanatin, I., & Sugondo, Ga. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Luas Permukaan Balok di kelas VIII-F Semester II SMP Negeri Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajaranya, 2(1).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.