ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED

Siti Nurcholifah, Riawan Yudi Purwoko, Heru Kurniawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis open-ended. Jenis penelitian ini adalah  penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020. Subjek yang dipilih adalah siswa dengan kemampuan matematika tinggi berdasarkan hasil Penilaian Akhir Tahun, didukung oleh pertimbangan guru, hasil tes, dan wawancara. Subjek yang didapat berjumlah 2 subjek. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes berpikir aljabar, pedoman wawancara, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan masalah berbasis open-ended dengan menggunakan kemampuan berpikir aljabarnya. Siswa dapat memahami pola permasalahan dengan memilah informasi penting dan menentukan permasalahan pada soal, kemudian menyajikannya dalam bentuk pernyataan ukuran segi empat dan menggambarkan bangun segi empat tersebut. Siswa tersebut dapat merepresentasikan panjang dan lebar segi empat dalam bentuk persamaan yang memuat simbol huruf, kemudian menemukan solusi dari persamaan tersebut menggunakan aturan operasi bentuk aljabar. Siswa tersebut juga dapat menemukan beberapa kemungkinan lingkaran yang dapat dibuat dari sebuah bangun segi empat dengan menentukan terlebih dahulu diameter lingkaran yang digunakan, kemudian menarik kesimpulan dari beberapa kemungkinan tersebut. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal open-ended tersebut menunjukkan bahwa berpikir aljabar dapat menunjang kemampuan menyelesaikan masalah tipe open-ended.

Kata kunci : berpikir, berpikir aljabar, masalah open-ended.


Full Text:

PDF

References


Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar Dalam Pembelajaran Matematika. Beta - Scandinavian Journal of Business Research, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/beta.v8i1.567

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2005). Characterizing a classroom practice that promotes algebraic reasoning. Journal for Research in Mathematics Education, 412–446

Blanton, M., dkk. (2014). Progressions of learning in children’s algebraic thinking. Manuscript in Preparation.

Blanton, M., dkk. (2015). The development of children’s algebraic thinking: The impact of a comprehensive early algebra intervention in third grade. Journal for Research in Mathematics Education, 46(1), 39–87. learning mathematics. International Journal, 8(1), 4.

Dindyal, J. 2011. Algebraic Thinking in Geometry at High School Level Students Use of Variables and Unknown. National Institute of Education Singapore. jdindyal@nie.edu.sg.

Lingga, A., & Sari, W. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Eduma, 2(2).

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Numeracy. 5(April), 77–90.

Silma, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E. 5(3), 300–318.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatf, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi Ayu Yarmayani 1. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 6(2), 12–19.

Kriegler, S. (2007). Just What Is Algebraic Thinking ? Introduction to Algebra :TeacherHandbook, 1–11.

Faranita, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif – Reflektif Ditinjau dari Gender reflective cognitive ability as viewed from gender ). 1, 49–60.

Widyawati, dkk. (2013). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. Pendidikan Matematika, 1(2), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.