PEMBELAJARAN BERBASIS WHATSAPP DAN FLASH GAME PLAYER

Ina Nurhayati, Puji Lestari

Abstract


 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Instrumen yang digunakan yaitu angket respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player. Tempat pelaksanaan penelitian di salah satu SMK di wilayah Karangnunggal, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sampel X OTKP 1 yang terdiri dari 31 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini akan dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan memiliki komunikasi yang baik dan sebagian besar memilki handphone. Hasil penelitian menunjukkan respon peserta didik terhadap pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player memperoleh skor total sebesar 1027 berada pada kategori “Baik”. Selain itu jawaban peserta didik juga bervariasi, ada yang berpendapat bahwa metode yang dapat diterima oleh peserta didik karena dapat mempermudah memahami materi adalah pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player, pembelajaran secara langsung dan google classroom. Tetapi secara keseluruhan pembelajaran berbasis whatsapp dan flash game player merupakan pembelajaran yang menarik, hanya saja terkendala dengan jaringan internet, kuota internet dan beberapa peserta didik yang tidak memiliki handphone.

 

Kata-kata kunci: Pembelajaran, Whatsapp, Flash Game Player.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111

Amal, B. K. (2019). Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag). 3, 700–702.

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 3 (1).

Gazali, E. (2018). KENDALA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (FENOMENOLOGI KOMUNITAS HOMESCHOOLING E-HUGHESCOOLING ). Jurnal Komunikasi Dinamika: Volume V No.1, 591).

Haka, N. B., Ellyandhani, L. A., & Anggoro, B. S. (n.d.). PENGARUH BLENDED LEARNING BERBANTUKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK, 8(1), 1–12.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Pri, 4(2), 30–36.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Pratama, H., & Yusro, A. C. (2016). Implementasi Whatsapp Mobile Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Pengenalan Komponen Elektronika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 65. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i2.696

Prasetya, M. A. (n.d.). E-Learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning A . 10(2), 319–338.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Setiawan, A., R. (2020) Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Jurnal, E., & Pendidikan. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 2(1), 28–36.

Siregar, R., Ardiana, N., dan Rosyidi, J. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X MAN PADANG LAWAS UTARA. Jurnal MathEdu, Vol. 2 ( 2 )

Sutrisno, E., Pascasarjana, M., Studi, P., Matematika, P., & Siliwangi, U. (2019). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi ISBN : 978-602-9250-39-8 PENERAPAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi ISBN : 978-602-9250-39-8, 154–160.

Purnama, B. E. (2009). Microsoft Word - 04 Pemanfaatan Teknologi WAP Telepon Seluler Untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh.doc, 1(3), 22–28.

Perwanti D., & Nugroho A. N. F. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS GOOGLE FORMULIR DI SMA N 1 PRAMBANAN. Volume 4 No 1 Maret 2018 Volume 4 No 1 Maret 2018, 4(1).

Wardani, K.. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 1, 73-84


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.