Meningkatkan Kompetensi Mathematical Reasoning Siswa Menggunakan Pembelajaran Berbasis Multi Representation Isnurani, Andi Nur Rahman

Isnurani Isnurani, Andi Nur Rahman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana peningkatan kompetensi mathematical reasoning siswa yang didasarkan pada nilai postes antara kelas ekspermen-1 yang dimulai dari konkret (cerita) → semikonkret (gambar) → abstrak (simbol) dan kelas eksperimen-2 yang dimulai dari abstrak (simbol) → semikonkret (gambar) → konkret (cerita). Metode penelitian yang dilakukan adalah experimental research dengan menggunakan rancangan desain kelompok kontrol pretes-posttes. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik parametrik yaitu Paraired-Samples T Test melalui program SPSS, bila data postes berdistribusi normal. Namun, apabila data tersebut tidak berdistribusi normal maka dilanjutkan dengan uji statistik nonparametrik yaitu Two Related Samples Test. Penelitian ini menghasilkan: (1) kompetensi mathematical reasoning siswa mengalami peningkatan berdasarkan postest setelah mereka diberi perlakuan yang dimulai dari konkret (cerita) → semikonkret (gambar) → abstrak (simbol) maupun perlakuan yang dimulai dari abstrak (simbol) → semikonkret (gambar) → konkret (cerita) terkait materi jarak dari titik ke garis dan titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga. (2) kelas ekspermen-1 yang dimulai dari konkret (cerita) → semikonkret (gambar) → abstrak (simbol) lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen-2 yang dimulai dari abstrak (simbol) → semikonkret (gambar) → konkret (cerita) terkait materi jarak dari titik ke garis dan titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga).

 

Kata-kata kunci: Mathematical Reasoning, Multi Representation.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A, & Waldrip, B. (2011). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan. 30(1): 30–45.

Astuti, Y. W. (2013). Bahan Ajar Fisika SMA dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Pendidikan Sains. 1 :382–389.

Brodie. K. (2010). Teaching Mathematical Reasoning in Secondary School Classrooms. New York: Springer.

Burais, L, Ikhsan, M, & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika. 3: 77–86.

Carolina. S. Ayal, dkk. (2016). The Enhancement of Mathematical Reasoning Ability of Junior High School Students by Applying Mind Mapping Strategy. Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.7, No.25, 2016

Hutagaol, K. (2013). Multi representasi dalam pembelajaran matematika. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia. 132–138.

Horison, Suydam, dan Higgins. The Access Center. (2010). Concrete Representational Abstract Instructional Approach. http://www.k8accesscenter.org/training_resources/CRA_Instructional_Approach.asp.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktik Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Press.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation abd Conseptual Learning Gain in Phisics. American Journal of Phiscs . Tersedia:www.phisics.iastatc.edu./per/docs/Ajp-Des-2002.vo.70 (12). 1259-1268. pdf.

National Countil of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Standards for Schools Mathematics. Resto. VA.

Pangesti, P. A. (2018). Analisis Penalaran Matematis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Multiple Representations. http://eprints.umm.ac.id/40729/1/PENDAHULUAN.pdf

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perpective. Boston: Person

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kompbinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Thobroni, Muhammad, & Arif Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta:Ar-ruzz Media

Utami, N. P. (2014). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Xi Ipa Sman 2 Painan Melalui Penerapan Pembelajaran Think Pair Square. 3(1): 7–12

Widjaja, S. S. (2010). Design Realistic Mathematics education Lesson. Makalah Seminar Nasional Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang.

Yosefa, B, & Nurjannah, E. (2006). Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Menggunakan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pengajaran MIPA. 18(2): 146–151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.