PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP MATERI GEOMETRI

Authors

  • Arief Aulia Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Astria Yunita STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

Penerapan PACE, Pembuktian Matematika, Geometri.

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini dipandang sebgai alat yang siap pakai. Pandangan ini
mendorong sikap guru bersikap cenderung memberi tahu konsep dan cara menggunakanya. Penelitian iin
bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajran PACE untuk meningkatkan kemampuan
pembuktian matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuala.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Penelitian ini
dilaksanaakan di SMP Negeri 1 Kuala.Waktu penelitian dilaksanakan pada semester 1 pada bulan
September-November tahun ajaran 2017/2018 di SMP Negeri 1 Kuala.Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuala.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdirri dari lembar soal
tes dan lembar angket.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa dapat meningkatkan kemampuan pembuktian matematika siswa, ini terlihat dari soal pretestdan
posttest yang diberikan oleh peneliti dengan rata-rata kelas sebelum diberi tindakan menggunakan model
pembelajaran PACE yaitu 60,54 meningkat setelah menggunakan model pembelajaran PACE yaitu 80,208
dengan selisish rata-rata 19,668.Hal ini diperkuat dengan hasil angket siswa mengenai tentang pembelajaran
PACE dimana pembelajaran menggunakaan penerapan model pembelajaran PACE tidak membuat siswa
bosan karena modelpembelajaran PACE lebih menarik dibandingkan dengan model pembelajaran ceramah,
siswa merasa senang dengan model pembelajaran PACE pada materi geometri.

Downloads

Published

2023-06-19

Issue

Section

Articles