Pengaruh Model Course Review Horay (CRH) Menggunakan Desain Didaktis Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Melliana Melliana, Farida Farida, Rizki Wahyu Yunian Putra

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay menggunakan desain didaktis bahan ajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung pada semester 2019/2020. Sampel pada penelitian ini dibagi 3 kelas yakni kelas VIII A dan VIII B (kelas eksperimen) serta kelas VIII C (kelas kontrol). Instrumen yang dipakai ialah tes guna mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis, kemudian analisis data guna uji hipotesis memakai ANOVA untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan nilai antar kelompok yang mendapatkan perlakuan serta yang tidak mendapatkan perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data serta pengujian hipotesis yang dikerjakan Terdapat perbedaan peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan Model pembelajaran Course Riview Horay Dengan menggunakan bahan ajar Desain Didaktis  dan Model pembelajaran Course Riview Horay terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.

 

Kata Kunci : Course Review Horay, Bahan Ajar, Pemahaman Konsep Matematis

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurahmant fathoni. (2011). Metedologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi. jakarta: rineka cipta.

Aisah, Lusi Siti, and Kartika Yulianti Kusnandi. (2012). “Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan Dan Volume Prisma Dalam Pembelajaran Matematika SMP.” Matematika 1, 1, 14–22.

Aprilia, Ulfa Dwi, Syahlan, and Hasratuddin. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7, 1–7.

Hasibuan, Lily Rohanita, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay ( CRH ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 5, 11–15.

Hendriana, H, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT.RefikaAditama.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKIP Malang.

Ignatius Jodi Kusfabianto, Firosalia Kristin, dan Indri Anugraheni, (2019). Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3, 88.

Kurniawati, Naning. (2018). Peningkatan Daya Retensi Siswa Melalui Lesson Study Dengan PBL (Problem Based Learning) Pada Materi Lingkaran”, Journal Of Mathematics Education and Science, 1, 35–41.

Ricky Kamaluddin, “Desain Didaktis Konsep Faktorisasi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP” (PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012).

Suriati, Novi Yulia, Alzaber, and Putri Wahyuni. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang. Aksiomatik, 7, 17–24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.