Analisis Kemampuan Metakognitif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Berdasarkan Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Pembelajaran Discovery Based Learning (DBL)

Nur Faddilah Sani, Farida Farida, Siska Andriani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognitif siswa, model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), model pembelajaran Discovery Based Learning (DBL), perbedaan kemampuan metakognitif pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, serta interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan sample satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik analisis variansi dua jalan sel tak sama (ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan model pembelajaran Discovery Based Learning terhadap kemampuan metakognitif, tidak terdapat perbedaan antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik  terhadap kemampuan metakognitif, dan tidak terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran dengan kategori gaya belajar terhadap kemampuan metakognitif siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Cet. 10. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fajrizal, Rafika, Farida, and Abi Fadila. (2019). Penarapan Model Pembelajaran JUCAMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal E-DuMath, 5, 72–80.

Indria, Rani, and Siska Andriani. (2013). Efektifitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis Turunan Fungsi Aljabar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 441–448.

Ismail. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rani Indria. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan pemecahan Masalah Matematik ditinjau dari Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 Seputih Agung. Lampung: FTK UIN Raden Intan Lampung.

Rahmah Johar, Taufik Fuadi Abidin, Elly Rizki Diandita. (2017). Kemampuan Komunikasi Matemtis dan Metakognitif Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 81.

Rhofiqah, Lutfi, and Yuli Amalia. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Meurebo. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6, 73–84

Siswoyo, DwI. (2014). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Yulia Siska. (2018). Pembelajaran IPS di SD/MI. Yogyakarta: Gharudhawaca.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.