PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MATERI BILANGAN PECAHAN PADA SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH

Roslina Roslina, Rini Sulastri, Milasari Milasari

Abstract


Salah satu meningkatkan prestasi belajar siswa adalah melalui pembelajaran Team Quiz. Team Quiz merupakan salah satu tipe model pembelajaran active learning. Dengan pendekatan atau pembelajaran Team Quizini siswa diharapkan aktif belajar, siswa mampu mampu bertanya maupun menjawab dan meningkatkan kemampuan tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka pelajari dengan cara menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team quizpada materi bilangan pecahan siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian ini adalah 16 orang siswa, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Pengolahan data menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian dengan taraf signifikan   =0,05 dan derajat kebebasan dk= 15 menunjukkan uji t=table yaitu t=1,7. Oleh karena itu, t hit> t tab  atau 4,14 > 1,17 maka hipotesis  Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa SMP Negeri 14 Banda Aceh dengan menggunakan model team quiz sudah mencapai taraf berhasil.

Kata kunci : Model Kooperatif, Team Quiz, Bilangan Pecahan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

, 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Johar, dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Banda Aceh: Universitas Syiah kuala.

Hilgard dan Purwanto, 2007.Psikologi Pendidikan, Bandung:Rosda Karya

Herman, Hudojo. 1988. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta : Gramedia.

Kunandar, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Raja Grafindo

Margono, S.2003. Metodologi Peneitian Pendidikan.Jakarta:PT Asdi Mahasatya

Mulyasa. 2009. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung:Rosda Karya

Munandar, 2003, “Budgeting, Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja”, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta

Parwiadi, 1994. Penuntun Belajar Matematika 1. Bandung : Granea Exact.

Rusman 2011, Model-model Pembelajaran, PT:Rineka Cipta.

Silberman, 2009. Active Learning, Insan Madani.

Sugianto, H. 2006. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:Yuma Pustaka

Suherman, 1993.Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika.Jakarta : Depdikbud

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sugijono, Cholik. 2005. Matematika untuk SMP Kelas VII, Jakarta:Erlangga.

Subana,dkk. 2000.Statistik Pendidikan: Bandung: Pustaka Setia.

Sukardi. 2010. Metode penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta PT. Bumu Aksara.

Winkel, W.S.2009, Psikologi pengajaran, Yogyakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.