ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MTs DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA

Silvia Safitri, Gina Nursyamsiah, Wahyu Setiawan

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk melakukan penelitian terhadap analisis minat belajar siswa MTs  dalam pembelajaran matematika berbantuan geogebra di kelas VIIIC MTs  Al-Mukhtariyah Mande Kabupaten Bandung Barat yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket minat belajar siswa untuk mengukur minat belajar dengan pembelajaran menggunakan bantuan software geogebra. hasil penelitian yang diperoleh yaitu untuk indikator perasaan senang memperoleh presentase 76,61%, untuk indikator ketertarikan siswa memperoleh presentase sebesar 71,77%  Untuk indikator keterlibatan siswa mendapatkan presentase yang lebih unggul dibanding indikator yang lain yaitu 81,45 % . sedangkan  indikator rajin dalam belajar memperoleh  presentase 79,03% dan untuk indikator tekun belajar dan disiplin memperoleh presentase sebesar 67,74%.

  

Kata-kata kunci: minat belajar, geogebra, bangun ruang


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, N. (2016). Pengaruh model problem based learning berbantuan software geogebra terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 01(02), 159–168.

Ekawati, A. (2016). Penggunaan Software Geogebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 148–153. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.43

I Wayan Eka Aryasuta, I Nengah Suparta, G. S. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran berbantuan.

Koderi, R. (2015). Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret, (November), 102–114. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/490/1/04. Isi vol x 2012 - Nurul Astuty Yensi 024-035.pdf

Meulaboh, M., & Pahlawan, J. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 1(1), 18–36.

Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa MA Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi SPLDV. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6348

Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (n.d.). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa smp. 01(03), 411–416.

Siagian, R. E. F. (2015). PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(20), 122–131.

Titisari, F. N. (2017). Efektivitas Penggunaan Program Geogebra Geometri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Di Kelas X Sma Bopkri 2 Yogyakarta Tahun.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.