MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Rizaldy Firdaus, Wayan Suciadi, Luvy Sylviana Zanthy, Wahyu Hidayat

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan pendekatan open ended. Metode penelitian ini dengan metode eksperimen dimana penulis menggunakan dua kelas, dengan kelas eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Plus YPP Darussurur sedangkan sampelnya kelas VIII C dan VIII A. Data penelitian meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah menerapkan pendekatan open ended. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, catatan di lapangan, istrumen berupa 5 butir tes soal uraian pemecahan masalah matematik. Pengujian dilakukan dengan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa  kelas VIII SMP  Plus YPP Darussurur 

Kata Kunci : pendekatan open ended, pemecahan masalah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi, A.(2015). Pendekatan open ended dan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan representasi multipel matematis. Phytagoras,8(6), 1-11.

Bandura, A. (1994). Self-efficacy. Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81).

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Open Ended. Lemma, II(1), 26–34.

Hendriana, H., & Soermarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Cimahi: Refika Aditama.

National Council of Teachers of Mathematics (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.

Ruseffendi, E.T.(1991). Pengajaran Matematika Modern Dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendikan dan Non-Eksakta lainnya. Bandung: TarsitoRuseffendi. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendikan dan Non-Eksakta lainnya. Bandung: Tarsito.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran, 17–29.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Yee, F.P. (2009). Review Of Research On Mathematical Problem Solving In Singapura. In Young, K.W.,Yee, L.P.,& Kaur, B.,Et Al. Mathematics Educations The Singapura Journey: Series On Mathematics Education Vol 2 New Jersey: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.