ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Gina Nursyamsiah, Silvia Savitri, Devi Nurul Yuspriyati, Luvy Sylviana Zanthy

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika  siswa MTs kelas VIII dalam materi bangun ruang sisi datar. Jenis pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes uraian yang berjumlah 5 soal dengan tingkat kesulitan berbeda. Dari data hasil tes analisis akhir diperoleh presentase kesulitan peserta didik dalam fakta sebesar 68,97% siswa kesulitan dalam  membandingkan jaring-jaring bangun ruang sisi datar , sebanyak  41,48% siswa masih kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang sisi datar dan mengaitkannya kedalam materi lain ,sebanyak  89,66% siswa kesulitan dalam menerapkan sifar-sifat bangun ruang sisi datar, sebanyak  100% siswa kesulitan dalam mengubah soal cerita kedalam bentuk gambar , dan sebanyak  82,76% siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kecukupan syarat suatu soal.

Kata-kata kunci:Kesulitan, Belajar, Matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30.

Meulaboh, M., & Pahlawan, J. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang | 18. 1(1), 18–36.

Rohmah, I. (2014). Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Kotak Musium. D.

Walle, V. de. (2008). Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.