PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Finariyati Finariyati, Arief Aulia Rahman, Yuli Amalia

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Kevalidan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan, Kepraktisan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan, Efektivitas modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model Borg and Gell, dan tahap kedua mengujicobakan modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kaway XVI untuk melihat efektivitasnya. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yaitu rata-rata skor 4,5 dengan tingkat kevalidan 4 16≤Va<5">  berdasarkan hasil validasi para ahli, Modul Matematika Berbasis Etnomatematika yang dikembangkan efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 85% melalui uji Coba II dan ketuntasan tujuan pembelajaran, kepraktisan modul matematika melalui angket respon positif siswa terhadap modul matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan mendapatkan respon postif.

 

Kata Kunci :  Pengembangan Modul, Model Borg and Gall, Etnomatematika, Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2, No. 2: 121–129.

Ayuningtyas, A.D. (2018) Bahan Ajar Matematika berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta UMP. Hal 362-369

Bambang, A. S. (2015) PengembanganModul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6, No. 2, 2015, Hal 122 – 129

Kiptiyah, S. M. (2015). Model PBL Berbasis Etnomatematika Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Materi Bangun Datar. Unnes.

Mardiah, S. (2018), Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri Pada Kelas VII. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Mastur, Z., Sugiman.,& Supriyanti. (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Arias Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes journal of Mathematics Education. Vol. 4, No. 2: 135- 141.(Online). http//journal.uunes.ac.id.sju/indek.php/ ujme.

Rahman, A. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP N 3 Langsa. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (BAEI) yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1: 63– 73.

Wahyuni, A. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun KarakterBangsa. Universitas: Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.