ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TRIGONOMETRI

Ardy Fauzi Rachman, Risma Amelia

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat dan faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat yang diambil sampelnya sebanyak 35 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal kemampuan berpikir kreatif matematis yang sudah divalidasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan berupa soal jenis uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan non tes yang digunakan berupa wawancara untuk mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase kecapaian indikator keaslian sebesar 44,76%, elaborasi sebesar 48,57%, kelancaran sebesar 43,33%, dan kelenturan sebesar 32,86% . Faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan seperti siswa lupa menggunakan rumus yang tepat, kesalahan dalam proses perhitungan, tidak menuliskan kembali unsur-unsur yang diketahui, dan kesalahan dalam memahami soal.

 

Kata Kunci: Kabupaten Bandung Barat, Kemampuan Berpikir Kreatif, Trigonometri.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 GEMPOL Tahun Pelajaran 2016/ 2017. 1(1), 34–39.

Anwar, & Ramdan. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA NEGERI 2 BAUBAU dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, 5.

Dwi, O., & Herawati, P. (2010). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 4.

Hidayat, W., Jayanti, K., Nurismadanti, I. F., Zulfikar, M., Akbar, I., Pertiwi, K. A., & Rengganis, P. (2018). PEMBELAJARAN RME ( REALISTIC MATEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR. JPMI, 2(1), 41–50.

Komalasari, Y., Naila, R., Tasya, N., Maryani, N., Nursalamah, F., Marlina, N., & Hidayat, W. (2019). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas viii di kabupaten bandung barat. 3(1), 187–196.

Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open Ended Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia, 3(1), 21–27.

Mulyani, M., & Muhtadi, D. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL. JPPM, 12(1), 1–16.

Nurhayati, & Zanthy, L. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mts pada materi pola bilangan. Journal On Education, 1(2), 23–35.

Pratiwi, I., Yulianti, D., & Fitrianna, A. Y. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIK SISWA. 1(2), 171–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Putri, S., & Fuadiah, N. (2019). IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Silogisme, 4(1), 21–29.

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. (2019). SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Jurnal Cendekia, 3(1), 164–177.

Suparman, T., & Zanthy, L. S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN BERIPIKIR KREATIF MATEMATIS. Journal On Education, 1(2), 503–508.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.