ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII

Siti Nurajizah, Nelly Fitriani

Abstract


Abstrak:

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami para peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada bentuk soal cerita. Penelitian ini adalah penelitian deskriptip kualitatif. Sample dalam penelitian ini adalah Sembilan orang peserta didik SMP yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kesimpulan pada penelitian ini diperoleh sebagai berikut: 1) peserta didik mengalami kesulitan konsep karena peserta didik kesulitan dalam menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan; 2) peserta didik mengalami kesulitan prinsip karena siswa keliru dalam menentukan rumus; 3) peserta didik mengalami kesulitan algoritma dikarenakan peserta didik kurang teliti dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian soal cerita.

Kata kunci: Analisis Kesulitan, Soal Cerita Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azis. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika. (5) 1.

Dediknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Fitriani, N. Hubungan Antara Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid. (2)

Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2019). Gender and Mathematical abstraction on Geometry. Jurnal Of Physics: Conference Series.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Moleong, L. J (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA.

Putri, R. N., Nursyahban, A. E., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. (1) 2.

Rahmawati, A. (2019). Analisi Kesulian Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Pembelajaran Pemecahan Masalah Kelas V SD Negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika. (1) 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.