ANALISIS KESALAHAN SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI GEOMETRI DIMENSI TIGA

A’ine Nurfalah, Martin Bernard

Abstract


Abstrak: Matematika mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari – hari. Akan tetapi, di lapangan banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika itu masih sulit. Sehingga masih banyak siswa yang enggan untuk menyelesaikan soal matematika. Buktinya, siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal geometri dimensi tiga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan materi geometri dimensi tiga pada siswa SMK. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ 7 di SMK  TI Garuda Nusantara Cimahi yang berjumlah 24 orang, yang kemudian diambil sampel sebanyak 6 orang orang yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah untuk dianalisis lebih lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Instrumen untuk mendapatkan data itu sendiri dilakukan dengan tes yang diberikan kepada siswa berupa lembar soal yang berisi 4 butir soal cerita dengan soal yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dari hasil tes terdapat 2 orang siswa dengan kemampuan tinggi, 2 orang siswa dengan kemampuan sedang, dan 20 orang siswa dengan kemampuan rendah.

Kata-kata kunci: Analisis kesalahan, Geometri dimensi tiga.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bernard, M., Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika :Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79-87.

Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351.

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim. (2018). The Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With VBA-Microsoft Excel. Infinity, 7(2), 123–132.

Imswatama, A., dan Muhassanah, N. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (1), 1 – 12.

Indriani, M. S. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis serta Kemandirian Siswa SMA menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Unpublished Thesis. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU , 5(2), 41-51.

Senjayawati, E., Bernard, M. (2018). Penerapan Model Search-Solve-Create-Share Untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Berbantuan Software Geogebra 4.4. MAJU, 5(1), 66-78.

Sholihah, Z. S., dan Afriansyah, A. E. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6 (2), 287-298.

Yusuf, A., Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya Cianjur. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (1), 59-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.