ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR

Dessy Prihatini, Wahyu Setiawan

Abstract


Abstrak:Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi pokok bangun ruang sisi datar, serta apa saja yang menyebabkan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal materi pokok bangun ruang sisi datar. Pengambilan subyek penelitian yaitu dari 26 siswa kelas IX B di SMP Pasundan 3 Cimahi. Instrumen penelitian ini berupa instrumen tes yaitu 6 butir soal mengenai materi bangun ruang sisi datar. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal tentang materi bangun ruang sisi datar diantaranya: a) Siswa kurang cermat membaca dan memahami maksud soal dengan baik. b) Siswa hanya menghafal rumus dan belum memahami konsep dengan baik. c) Siswa kurang teliti dalam pengerjaan soal. Solusinya adalah siswa perlu banyak berlatih dalam mengerjakan soal-soal tidak rutin dan mengulang kembali pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar.

 

Kata-kata kunci:Analisis Kesalahan Siswa, Bangun Ruang Sisi Datar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010.

Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum, Jakarta: PT.Prestasi Pustakaraya.

Fokusmedia. (2010). Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional).Bandung: Fokusmedia.

Nurjanatin. I., Sugondo. G., & Manurung. M. M. H. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Balok Dikelas VIII-F Semester II SMP Negeri 2 Jayapura. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya.

Nuvita, sari., Nurul, Ayu., (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Pengasih. Jurnal LEMMA.https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2710.

Puji Rahayu, Kholilullah. Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 Nomor 2.

Rindiyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). AnalisisKesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman. Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang.

Sari, P., Eriani, N., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 1(3). 411-416.

Sumarmo, U. 2004. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah. Bandung : PPS UPI.

Waluya, S. B.2006. Multimedia Pembelajaran. Handout perkuliahan Program Magister Program Studi Matematika. Semarang: Unnes.

Atiqoh, K.S.N (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 1(1), 63-73.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.