ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG

Iis Budiyanti Putridayani, Siti Chotimah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika khususnya materi peluang pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Cipeundeuy. Jenis serta pendekatan yang diambil pada penelitian yaitu jenis penelitian deskriptif  dan pendekatan kualitatif adapun cara untuk mengetahui data dengan menggunakan rumus presentase P = f/n x 100 %. Dari penelitian juga dapat disimpulkan kesulitan siswa kelas XI IPS dalam pelajaran matematika pada materi peluang yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam konsep materi peluang, kurang tepatanya penggunaan rumus dalam menyelesaikan setiap soal. Serta siswa  kurang memiliki rasa ingin tahu dan kemauan untuk mempelajari lebih dalam materi peluang, siswa lebih senang apabila guru yang menyelesaikan soal. Sehingga terbukti bahwa adanya kesulitan belajar matematika siswa kelas XI pada materi peluang di SMAN 1 Cipeundeuy.

Kata-kata kunci:Analisis Kesulitan Belajar, Peluang


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis Of Mathematical Abstraction On Concept Of A Three Dimensional Figure With Curved Surfaces Of Junior High School Students. Journal Of Physics: Conference Series, 1132(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). The Students’ Mathematical Abstraction Ability Through Realistic Mathematics Education With Vba-Microsoft Excel. Infinity Journal, 7(2), 123. Https://Doi.Org/10.22460/Infinity.V7i2.P123-132

Isrok’atun. (2010). Konsep Pembelajaran Pada Materi Peluang Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, 14, 12–16.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. Http://Www.Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/Index.Php/Mtk/Article/View/232

Musianto, L. S. (N.D.). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. 123–136.

Suandito, Billy.Bukti Formal Dalam Pembelajaran Matematika (2017). 13–24.

Pendidikan, P., Pascasarjana, M., Alam, P., & Indonesia, S. U. (N.D.). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran. 6, 130–141.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.