ANALISIS KESULITAN SISWA SMK PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI

Riana Riana, Fitri Indah Maulani, Puji Nurfauziah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal tes mengenai materi Trigonometri pada siswa SMK kelas X di kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi. Penelitian dilakukan dengan  subjek sampel sebanyak 29 orang siswa kelas X di salah satu SMK di kota Cimahi. Soal tes yang diberikan berupa 5 soal tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal no 5 yaitu pada indikator menentukan nilai perbandingan triginometri dari sudut-sudut istimewa dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika, hal ini terlihat pada persentase rata-rata no 5 sebesar 14% yang menjawab benar.

Kata-kata kunci:Analisis Kesulitan, Trigonometri, Matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya pada Materi Trigonometri, 3(2), 12–22.

Hayati, R. (2019). Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri. Al-Khawarizmi, 3(1), 44–64.

Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siwa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Datar. JPMI, 1(1), 61–68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Nurfauziah, P., & Sari, V. T. A. (2018). Penerapan Bahan Ajar Trigonometri dengan Model Matematika Knisley untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. Aksioma, 7(3), 356–362.

Widiyanti, P., & Yani, A. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP, 1–17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.