PENGARUH KEDISIPLINAN, PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Arini Sakinah Anwar

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Kedisiplinan, Perhatian Orang tua, Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN di Kecamatan Mattiro Sompe.Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian Ex-Post Facto dengan menggunakan Pendekatan Kausalitas yang berusaha menjelaskan pengaruh kedisiplinan, perhatian orang tua, dan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk variabel kedisiplinan adalah 57 dengan nilai tertinggi sebesar 63, nilai terendah adalah 48 dengan rentang 15. Standar deviasinya sebesar 4,565 dengan variansi sebesar 20,838. Kesimpulan Dengan menggunakan teknik proportional random sampling diperoleh 65 siswa yang dijadikan responden dalam penelitian ini.teknik pengumpulan adata penelitian yaitu menggunakan teknik angket dengan memberikan lembar angket kedisplinan, lembar angket perhatian orang tua dan lembar angket minat belajar serta menggunakan teknik tes dengan memberikan tes hasil belajar matematika berupa soal pilihan ganda sebanyak 40 nomor. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata variabel kedisiplinan, perhatian orang tua, minat belajar dan hasil belajar matematika siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata masing-masing sebesar 56,60 untuk variabel kedisiplinan, 48,40 untuk variabel perhatian orang tua, 118,94 untuk variabel minat belajar dan 76,55 untuk variabel hasil belajar matematika.  Kata Kunci : SMPN, Orang Tua, Belajar, Matematika.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Baharuddin. (2009). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta : Ar-Aruzz Media

Dalyono M. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali, (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadillah, Muhammad dan Khorida, Lilik Mualifatu. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurkancana, Wayan & Sunartana. (1990). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto, Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

_____________. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabet.

Sudjana, Nana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung. Tarsito.

____________.(2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : Grafindo Persada.

Tiro, Muhammad Arif & Sukarna. (2012). Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher.

Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.