PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI EVIEWS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR STATISTIK

Angga Hidayat

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan aplikasi Eviews terhadap kemampuan pemecahan masalah statistik, (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi eviews terhadap Hasil Belajar Statistik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Lebih lanjut, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes dan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut:. (1) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi eviews terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) terdapat pengaruh penggunaan aplikasi eviews terhadap hasil belajar statistik.

 

Kata-kata kunci: Eviews, pemecahan masalah, hasil belajar, statistik.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, I G. N., (2009). Time Series Data Analysis Using Eviews. Singapore: John Wiley.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, A. (2017). Konsep Diri dan Kecemasan Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Bisnis Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif Field Ddependent dan Field Independent. Jurnal Gammath, 2(1), 55-66.

Hidayat, A., Friska, Y., Anggraini, A., Syafi’i, M. T., & Kusumaningsih, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Dasar Matematika dan Bahasa Inggris Sebagai Upaya dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 5.0. Abdimisi, 1(1), 55-62.

Hidayat, A. (2019). Student’s Self-Concept Profiles in Problem Posing According to Cognitive Styles: Developing An Evidence Base for Best Practice of E-Learning in Mathematical Economics Course at Pamulang University. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 1(2), 158-165.

Jatmiko, B., Widodo, W., Martini, B., Wicaksono, I., & Pandiangan, P. (2016). Effectiveness of the INQF-based learning on a general physics for improving student’s learning outcomes. Journal of Baltic Science Education, 15(4), 441.

Su, K.D. , Huang, Y.L., Wang, S.A. & Lee, W. (2009). Effective instructions and learning attitudes by basic computer concept (BCC) technology. International Journal of Instructional Media, 36(3)

Tanzeh, A. (2009). Pengantar Metodologi Penelitian. Jogyakarta: Teras.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.