ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED

Laras Sekar Ayu, Moch Ilyas Moharom, Luvy Sylviana Zanthy

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK dalam menyelesaikan soal Open-Ended. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Kelas XII Animasi di Kota Cimahi, sample berjumlah 19 siswa yang selanjutnya dianalisis hasil jawabannya. Dari data yang sudah didapat lalu dipresentasekan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri atas 5 butir soal dan wawancara secara langsung. Berdasarkan tes uji soal terhadap siswa didapat bahwa sebagian besar siswa dalam satu kelas yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis, adapun sebagian kecil siswa dalam kategori tidak kreatif dikarenakan adanya beberapa kendala, salah satunya adalah kendala imajinasi. 

 

Kata-kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Open-Ended.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 194-222.

Desmita, (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Cook, J. L. & Travers, J. F. (2000). Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning, Third Edition. United States of America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Ismara, L., Halini., & Suratman, D. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9). 1–8.

Kisti, H. H., & Fardana, N. A. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 1(2), 52–58.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam

Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari

Tingkat Kemampuan Matematika

Jurnal LPPM , 2(1), 7-13.

Putri, V, S, R., & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP. MATHEdunesa, 2(2).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Supardi, S. (2015). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses. Jurnal Formatif, 2(3), 248–262.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Pendidikan Nasional. (1989), 1–27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.