KONTRIBUSI SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA

Fitri Indah Maulani, Rina Amalia, Luvy Sylviana Zanthy

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMA Negeri 4 Cimahi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 4 Cimahi. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy. Sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes. Jenis penelitian ini termasuk penelitian expost facto, yang menggunakan uji statistik analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa thitung sebesar 3.898 > ttabel 2.032 dimana nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian terdapat self-efficacy berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika.

 

Kata-kata kunci: Self efficacy, Prestasi Belajar Matematika, Kontribusi.


Full Text:

PDF

References


Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas viii. Humanitas, VIII(1).

Marlina, M., & Sanjaya, T. M. (2017). Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperaif Tipe Students Team Achievemant Division dan Numbered Head Together Ditinjau dari Prestasi. Jppm, 10(1).

Masri, M. F., Suyono, & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan. Jppm, 11(1).

Nopiyani, D., Turmidi, & Prabawanto, S. (2016). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. 5(2).

Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. In Jurnal Ilmu Pendidikan.

Ruliyanti, B. D., & Laksmiwati, H. (2014). Hubungan antara Self-Efficacy dan Self-Regulated Learning dengan Prestasi Akademik Matematika S siswa SMAN 2 Bangkalan. 03.

Sekar Sari, A., & Mariah, S. (2017). Kontribusi Self-Efficacy terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PKK UST (Vol. 5). Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamanvokasi

Sugiyana. (2015). Pengaruh Self-Regulated Learning , Self-Efficacy dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. PSIKOPEDAGOGIA, 4(1).

Suhartina, R., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh keyakinan diri siswa smk terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jounal On Education, 01(02), 151–155.

Sukmawati, S., & Nasrullah, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Strukturan Think Pair Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jppm, 10(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.