UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING

Authors

  • Iswadi STKIP kusumanegara jakarta
  • Siti Sarah STKIP kusumanegara jakarta

Keywords:

Matematika, Cooperative Learning, Bilangan Bulat, SD Kelas Tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam materi Bilangan
Bulat melalui strategi pembelajaran Cooperative learning pada siswa kelas VI semester gasal, tahun pelajaran
2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengikuti model Kemmis dan
Taggart. Penelitian ini mencakup 3 siklus dimana masing-masing siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan
(planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Waktu penelitian adalah 3 bulan
yaitu dari tanggal 9 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2016 dengan subjek penelitian sebanyak 30
siswa, sedangkan data dikumpulkan melalui test, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang signifikan pada kelas VI. Hal ini dibuktikan dengan hasil ratarata tes matematika pada setiap siklus meningkat yaitu pada siklus 1 = 60,16; siklus 2 = 68,70; dan siklus 3 =
80,17; dan tingkat ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan hasil pada siklus 1 = 40% (12 orang); siklus 2=
56% (17 orang); dan siklus 3=80% (24 orang), serta hasil wawancara yang dilakukan menyimpulkan bahwa
belajar matematika melalui demontrasi adalah menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
belajar matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Cooperative learning dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa

Downloads

Published

2023-03-31