ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP GEOMETRI TRANSFORMASI PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

Authors

  • Mardiana STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Yuli Amalia STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Keywords:

analisis, kesulitan, konsep, geometri transformasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam memahami konsep geometri
transformasi pada kelas VII SMP Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya yang terdiri dari 23 siswa. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan
rumus persentase. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar
soal tes, lembar wawancara guru, dan lembar angket. Dari hasil analisis yang telah peneliti lakukan diperoleh
siswa yang tuntas sebanyak 9 orang siswa, dengan persentase hasil belajar siswa yaitu 61,30% dan siswa
yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa. Hasil penelitian pada kelas VII SMP Negeri 2 Kuala
menunjukkan bahwa: siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri transformasi adalah; (1)
kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa yaitu; siswa belum memahami materi geometri transformasi, tidak
teliti dalam menjawab soal, tidak meguasai sepenuhnya materi yang telah diajarkan; (2) faktor yang
menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami geometri transformasi adalah; (a) siswa tidak
menguasai konsep, kurang menguasai teknik dalam menyelesaikan soal; (b) kesulitan siswa disebabkan
karena kurang perhatian saat guru menjelaskan, minat dan motivasi siswa dalam belajar, dan siswa tidak
mempelajari kembali pelajaran yang telah diajarkan.

Downloads

Published

2023-03-31