PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI INVERS FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KAWAY XVI

Novi Miralisa

Abstract


ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe think-pair-share (TPS) pada materi invers fungsi di kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat dan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe think-pair-share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi invers fungsi di kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada bulan April hingga Agustus 2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Kaway XVI yang berjumlah 28 orang. Prosedur penelitian ini terdiri dari perenecanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra siklus hanya 9 orang siswa atau 32,1%  siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 56,9. Pada siklus I ada 15 siswa atau 53,6% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah 63,2. Pada siklus II, 23 siswa atau 82,1% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,4. Hasil Observasi kegiatan guru pada siklus I adalah 71,6% termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II mencapai 85,2% dalam kategori sangat baik. Hasil pengamatan siswa pada siklus I termasuk dalam kategori baik, pada siklus II mengalami perubahan menjadi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat pada materi invers fungsi dapat ditingkatkan melalui penerapan model cooperative learning tipe think-pair-share (TPS).


kata kunci: Think-Pair-Share (TPS), Invers Fungsi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Djamarah, S.B., (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik. O., (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Heruman, (2008). Model pembelajaran matematika di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prastuti, I.F. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Think – Pair – Share Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Tegal. Dalam http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d025_0607374_pdf di akses 29 April 2016

Sanjaya. W., (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N., (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.