ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DAN NON VISUALPADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP DENGAN TEORI VAN HIELE

Romika Romika

Abstract


Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu cara yang baik untuk meningkatkan kualitas siswa dalam memahami setiap materi ajar yang diterima. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika yaitu materi bangun ruang sisi datar khususnya materi balok dan kubus dengan menggunakan media visual dan non visual dengan teori  Van Hiele. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian deskriptif, dimana setiap hasil dari analisis ini akan diungkapkan secara lebih cermat dan jelas tentang kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A SMPN 1 Meulaboh. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan validitas konstruk yaitu dengan cara memvalidkan kepada 2 orang dosen yang berkaitan.  Dari penelitian yang telah dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa di SMPN 1 Meulaboh dalam pembelajaran menggunakan media visual dan nonvisual dengan teori Van Hiele telah mencapai tingkat yang tinggi yaitu yang memiliki nilai dari 81-100 (tergolong sangat tinggi) adalah 13 orang yaitu sebesar 54,16%,nilai 61-80 (tergolong tinggi) 2 peserta didik sebesar 8,3% , yang memiliki nilai dari 41-60 (tergolong cukup)  adalah 2 peserta didik yaitu sebesar 8,3 %. Peserta didik yang memiliki nilai dari 21-40 (tergolong rendah) adalah 4 peserta didik yaitu sebesar 16,6 %,  dan yang terakhir nilai dari 0-20 (tergolong sangat redah) adalah 3 orang beserta didik yaitu sebesar 12,5% siswa tidak memiliki nilai. Sesuai hasil yang telah diperoleh maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa di SMPN 1 Meulaboh memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dengan 15 atau 62,46% siswa telah bisa menyelesaikan soal yang telah diteskan, siswa-siswa tersebut sudah mampu memahami dengan baik apa yang ditampilkan dari soal tes yang di diberikan. Walaupun dalam proses penyelesaian soal siswa juga mendapat kesulitan, namun sudah cukup baik. Siswa di SMPN 1 Meulaboh telah mampu mencapai  tahap deduksi yaitu tingkat ke 3 (deduksi) dari 4 tingkatan yaitu ada tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (abstraksi), tingkat 3 (deduksi)  dan tingkat 4 (rigor) ,walaupun ada juga beberapa orang siswa yang masih kurang dalam tahap deduksi ini.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Visual,  Non Visual.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Choto, Aan. (19 September 2010). Hakikat atematika . http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/09/pengertian-matematika-menurut-pendapat-ahli-dan-kurikulum.html.(Diakses 14 juli 2016)

Dedi. (16 Juni 2011). Pengertian Media Visual . http://drusminto.blogspot.co.id/2011/06/pengertian-media-visual.html.(Diakses 26 September 2015)

Herlambang. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. repository.unib.ac.id/8426/2/I,II,III,2-13-her.FI.pdf. (Diakses 05 Januari 2016)

Mahanai Galih Linggar. (2013). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Aljabar Berbasis Timss Pada Siswa Smp Kelas VIII. Artikel Publikasi Ilmiah. Program Studi Pendidikan Matematika.

Moleong, J Lexy. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rofiqoh, Zeni. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa.Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang. Semarang. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Salatiga. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Strategi Kooperatif Tipe TGT (TEAMS GROUP TOURNAMENT). Prosiding. Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan (UNIMED). Medan.

Sudijono, Anas. (2008). Statistik Pendidikan. PT Raja Drafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2005). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.