EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN MEKANISTIK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MEULABOH

Fitri Juwina

Abstract


Abstrak: Penelitian yang berjudul “Efektivitas pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI dan pendekatan mekanistikpada materi kubus dan balok terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI lebih efektif dari pada pendekatan mekanistik pada materi kubus dan balok terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Meulaboh dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI dan seluruh siswa dari kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mekanistik. Sampel dari penelitian ini di ambil dengan teknik purposive sample.  Instrument penelitian yang diberikan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji-t. Hasil dari penelitian ini dengan  menunjukkan bahwa skor prestasi belajar matematika siswa sesudah diberikan perlakuan lebih tinggi dari pada sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan SAVI dan pendekatan mekanistik. Akan tetapi hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Uji-t yang dilakukan terhadap hasil tes awal dan tes akhir menunjukkan adanya perbedaan hasil yang cukup signifikan antara siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI dengan yang menggunakan pendekatan pembelajaran mekanistik. karena = 1,68 atau = 6,42 . Sehingga  ditolak.  diterima karena . Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan SAVI lebih efektif dari pada pendekatan mekanistik pada materi kubus dan balok terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata-kata kunci : Efektivitas,SAVI,Mekanistik, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,Suharsimi. 2002.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekeCipta.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar

Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Meier, Dave. 2002. Accelerated Learning

Handbook. Bandung: Kaifa.

Nasution, S. 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, Indah Purnama. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Pendekatan Mekanistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas XI IPA 3 MAN Meulaboh-1 Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Aceh Barat : STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi.Jakarta : Rineka Cipta.

Syah, Muhibbidin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers

Wina, Sanjaya, 2011. Strategi Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.