PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI PADA KELAS X SMA NEGERI 3 KUALA

Dewi Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam pembelajaran Trigonometri pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Kuala melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kuala Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Kuala dan objek penelitiannya adalah X Mia2 SMAN 3 Kuala dengan jumlah 19 siswa, yang terdiri dari 7 siswa dan 12 siswi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari lembar soal tes dan lembar observasi. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan Pendekatan Matematika Realistik, lembar observasi keaktifan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri yaitu dilihat dari hasil tes persiklus, dengan nilai rata-rata kelassiklus I 64,789 dan persentase ketuntasan 52,632 % dari ketuntasan klasikal 75-80% dan pada siklus II mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata kelas 74,737 dan persentase ketuntasan 84.211% dari ketuntasan klasikal 75-80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi trigonometri.

 

Kata kunci: matematika realistik, hasil belajar, trigonometri.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto Suharsimi. (2006). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, H. M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan KompetensiProfesional Guru. Yogyakarta: Multi Press.

Nana Sudjana. (2002). Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung: RosdaKarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.