KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Dian Susilawati Ode Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
  • Setia Widia Rahayu Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan
  • Azwar Anwar Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, kemandirian belajar, matematika.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi solusi siswa untuk masalah matematika di kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan berdasarkan metode kualitatif. Pemilihan subjek pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling yaitu dengan berbagai pertimbangan. Pertimbangan dengan mellihat skor angket kemandirian belajar dan dipilih sebanyak 4 subjek yaitu 2 subjek dalam kategori kemandirian tingkat tinggi dan 2 subjek dalam kategori kemandirian tingkat rendah. Pengumpulan data melalui pedoman wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis yang digunakan meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang menarik. Pemeriksaan kualitas informasi yang digunakan adalah teknik triangulasi dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki kategori kemandirian belajar tinggi mampu menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan baik dan memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah (2) siswa dengan kategori kemandirian belajar yang rendah kesulitan dalam memecahkan masalah dan memenhui hanya sebagian indikator dari pemecahan masalah matematis.

Downloads

Published

2023-03-31