UPAYA PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR SISWA KELAS XII MIA 1 SMAN 1 MEUREUBO T.A. 2021/2022

Sa’yan Sa’yan

Abstract


Abstrak;

Tujuanpenelitianiniadalahuntuk meningkatkan hasil belajar PAI pada materi BerimanKepada Hari AkhirMelaluiMetode Discovery Learning pada siswakelasXII MIA 1MeureuboTahunAjaran2021/2022. Metodeyang digunakandalampenelitiantindakankelasiniadalahMetodeDiscovery Learning. SubyekpenelitiantindakankelasiniadalahsiswaKelasXIIMIA 2 SMA Negeri1Meureubo. Jumlahsiswaadalah21siswadenganjumlahsiswalaki-lakisebanyak 7 siswa dan jumlahsiswaperempuansebanyak 14 siswa. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitiantindakankelasinidilaksanakandalamkurunwaktu 3 bulanyaitudaribulanAgustus 2021sampaidenganNovember 2021 pada semester ganjil. Metodologipenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasterdiridariduasiklus dan setiapsiklusterdiridaridua kali pertemuan. Pada setiapsiklusterdiridariperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedurpenelitianterdiridariprapenelitian, perencanaansiklussatu, pelaksanaantindakansiklussatu, pengamatansiklussatu, refleksisiklussatu, perencanaansiklusdua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatansiklusdua dan refleksisiklusdua.Teknik pengumpulan data yaitumengumpulkannilaites yang dilaksanakan pada setiapakhirpembelajaran pada setiapsiklusdenganmenggunakan instrument soal (testertulis). Data observasidilakukandenganmelihatkeaktifansiswa proses pembelajaran. Data dianalisisdengancarastatistikpersentase. Hasil penelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanketuntasanhasilbelajarsiswadari38,10% pada prapenelitianmeningkatmenjadi66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Aktivitasbelajarsiswamengalamipeningkatandarikategoricukupmenjadibaik dan kategoribaikmeningkatmenjadi sangat baik. PenerapanMetodeDiscovery LearningdapatmeningkatkanhasilbelajarPAI pada materiBerimanKepada Hari AkhirmelaluiMetode Discovery Learning pada siswakelas XII MIA 1 SMAN 1 MeureuboTahunAjaran 2021/2022.

 

Kata kunci: PAI, Hasilbelajar, aktivitas, Metode Discovery Learning, 

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anni. 2004. MKDK-IKIP Semarang. Psikologi Belajar : IKIP Semarang.

Arikunto, 2002. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Armai Arief, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam Jakarta: Ciputat Pers.

Depdikbud 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional RI, 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan Jakarta.

Gibson & Ivancevich & Donnely. 1994. Organisasi dan manajemen. Perilaku, struktur, proses. Edisi keempat. Jakarta: Erlangga.

Hasbullah, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Kusnandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas SebagaiPengembangan Profesi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyono, Anton M. 2001. Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Syah, Muhibbin.2008.Psikologi Belajar.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Putra.

Suryabrata ,2003.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Sudirman, 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, 2004. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Ciawi.Bogor: Perpustakaan Nasional

Syaiful Sagala,2008Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : RajaGrafindo Perkasa.

Wina Sanjaya, 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.