PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI ALUE BATA

Agus Kistian, Nurjannah Nurjannah, Darmanisah Darmanisah

Abstract


Abstract

Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Alue Bata Kabupaten Nagan Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping di Kelas IV SD Negeri Alue Bata Kabupaten Nagan Raya. Untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui penerapan model Student Teams Achievement Division  (STAD) di Kelas IV SD Negeri Alue Bata Kabupaten Nagan Raya dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dengan menerapkan model Mind Mapping dan model Student Teams Achievement Division   (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Alue Bata Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shoot Case Study. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 orang dikelas IV/A SDN Alue Bata dan 22 orang di kelas IV/B SDN Alue Bata. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA antara penerapan model mind mapping dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada tema peduli terhadap makhluk hidup siswa kelas IV SD Negeri Alue Bata. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil akhir rata-rata siswa, dimana rata-rata siswa dengan pembelajaran model mind mapping adalah 76,82 sedangkan rata-rata siswa dengan model Student Teams Achievement Division  (STAD) adalah 68,64. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa penggunaan model mind mapping lebih baik dibandingkan dengan model Student Teams Achievement Division  (STAD). Hal ini terbukti dari hasil analisa data statistik “uji t test” diperoleh hasil ttabel = 1.720 dan dari hasil perhitungan t-test  thitung = 1,945,  jadi dibandingkan antara thitung dan ttabel maka thitung > ttabel sehingga Hoditolak dan Haditerima.

 

Kata-kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Mind Mapping, Student Teams Achievement Division   (STAD).


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fauziah. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Mapping) dan Peta Konsep (Concept Mapping) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem periodik unsur siswa kelas X Semester Ganjil SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol. 2 No. 2 Tahun 2013.

Firdaus,I,F. 2014. Efektivitas Metode Mind Map Dalam meningkatkan hasil belajar siswa, Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. (Online) (http://lib.unnes .ac.id)

Kristianti, D. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Percontohan Meulaboh. Bina Gogik Volume 4 No 1, Maret 2017. STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Sulthon. 2016. Pembelajaran IPA Yang Efektif dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Elementary. Vol. 4. No. 1. Januari-Juni 2016. STAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara

Yuliani, Prasetyo, Mawardini. 2020. Pengaruh Metode Mind Mapping Pada Daur Hidup Di Kelas Empat. Sittah: Journal of Primary Education, Vol. 1 No. 1: Universitas Djuanda Bogor, Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.