PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MATAKULIAH EKOLOGI TUMBUHAN

Rufa Hera, Rita Oktavia

Abstract


Abstract

Penelitian dengan judul Penggunaan Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Matakuliah Ekologi Tumbuhan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa matakuliah ekologi tumbuhan setelah pemanfaatan quizizz sebagai media pembelajaran. Jenis Penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian tindakan kelas) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, perlakuan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP Bina Bangsa Meulaboh yang sedang mengikuti perkuliahan Ekologi Tumbuhan Simister Genap TA 2021 2022 berjumlah 14 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar melalui aplikasi quizizz dan analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa matakuliah Ekologi Tumbuhan sebelum dan sesudah penerapan Quizizz sebagai media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar mahasiswa terlihat pada setiap siklusnya. Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 52,86 menjadi 71,79 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,14 pada siklus II. Persentase ketuntasan minimal dari pelaksanaan pretes 0% terus meningkat pada pelaksanaan postes siklus I menjadi 78% dan kembali meningkat pada pelaksanaan postes di siklus II mencapai persentase ketuntasan 100%.

 

Kata-kata kunci: Penggunaan. Quizizz. Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afiani, K. D. A. & Meirza, N. F. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Hasil belajar Mahsiswa PGSD pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Universitas Muhammadiyah. index.php/Pro/article/view/7926/3792.

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Akuntansi Konsolidasi Bank Syariah Di Iain Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan. 13(1). doi.org/10.24036/tip.v13i1.

Arikunto, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah. S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayana, A. A. G. (2021). User Experience Penggunaan Google Classroom dan Quizizz dalam Pembelajaran Blended Learning Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. 13(1), 23–34. doi.org/10.37640 /jip.v13i1.939.

Hidayati, I. D. & Aslam, A. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Quizizz Secara Daring Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa. Jurnal Pedaagogi Dan Pembelajaran. 4(1). doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.

Kartini, E., Mimbar, L., Izrawati. (2021). Tantangan dalam Pemebelajaran Perguruan Tinggi dan Implementasi merdeka Belajar di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Rinjani. 9 (2) 43-50. doi.org/10.53952/jir.v9i2.321.

Mulatsih, B. (2020). Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. 5(1). doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129.

Murniati, R. F., Gis, M., & Nuwaswita, L. (2021). Dilematis Antara Kesulitan Siswa Dengan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19: Sebuah Upaya Aksidental MTs. Muhammadiyah Wuring Authors. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan Dan Pembelajaran. 6(1). doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.902.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 64–73. doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127.

Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. 6(1), 1–7. doi.org/10.33654/jph.v1i1.927.

Putra, N. P. (2020). Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Aplikasi Zoom Dan Whatsapp Group Di Era New Normal Pada Warga Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insani. JIPSINDO. 7(2), 162–176. doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939.

Sugiri, D., & Pratama, A. A. (2020). Aktivitas Pembentukan Biaya Layanan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai dampak Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 4(2). doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.678.

Supartini, N. L. & Luh, E. S. (2021). Implementasi Penggunaan Quizizz dalam Evaluasi Pembelajaran Online For Food And Beverage Service. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 4 (3), 485-492. http: journal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/index.

Syahabuddin, K. (2020). Teacher-student relationships: An influence on the english teaching-learning process. Studies in English Language and Education. 7(2), 393–406. doi.org/10.24815/siele.v7i2.16922.

Zainuddin, Z., Shujahat, M., Haruna, H., & Chu, S. K. W. (2020). The role of gamified e-quizzes on student learning and engagement: An interactive gamification solution for a formative assessment system. Computers & Education. 145, 103729. doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103729.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.